Sukses

Parenting

Seekor Hamster Membuat Anak Laki-Laki Berjuang Melawan Pneumonia Langka 

ringkasan

  • Jack Sage menghabiskan lebih dari 60 hari di rumah sakit Addenbrooke dan Peterborough City untuk memerangi penyakit misterius
  • Penyakit misteriusnya tersebut ternyata berasal dari hamster peliharaannya

Fimela.com, Jakarta Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun harus berjuang untuk hidupnya setelah tertular jenis pneumonia langka yang menurut dokter berasal dari hamster saudara perempuannya.

Anak tersebut bernama, Jack Sage. Ia menghabiskan lebih dari 60 hari di rumah sakit Addenbrooke dan Peterborough City untuk memerangi penyakit misterius yang awalnya dianggap oleh dokter sebagai leukemia.

Gejala berawal ketika Jack mengalami ruam yang menyakitkan dan masalah pernapasan serius, yang menurut biopsi adalah kondisi langka yang disebut pneumonia eosinofilik.

Melansir cambridge.co.uk, keluarganya menemukan penyebab yang paling mungkin dari kondisi Jack adalah reaksi alergi terhadap Tango, yaitu hamster milik saudara perempuannya yang berusia 12 tahun, Evie.

Ibunda Jack, Suzie, mengatakan untungnya dokter mengesampingkan leukemia dan akhirnya mendiagnosis kondisi yang sangat langka yang disebut pneumonia eosinofilik yang diobati dengan steroid super kuat .

“Kami telah diberi tahu bahwa itu mungkin disebabkan oleh hamster perempuannya. Kondisinya sangat jarang.  Satu-satunya orang yang memiliki reaksi seperti ini adalah seorang pemadam kebakaran dari 9/11 yang menghirup debu,” papar Suzie.

Dokter bingung dengan kondisi langka

Jack telah berjuang dengan masalah pernafasan selama dua tahun terakhir tetapi Oktober lalu kondisinya memburuk dan dia dirawat di rumah sakit.

Dia menghabiskan Natal di rumah sakit dan untuk menghibur saudara perempuannya Evie yang merindukan kakaknya, orang tuanya memberikan Tango sebagai hadiah.

Di Tahun Baru Jack kembali ke rumah keluarga di Oundle, Northants., Setelah sembuh total. Tetapi hanya beberapa hari setelah bermain dengan Tango, kondisi Jack memburuk dengan cepat dan dia dilarikan kembali ke rumah sakit.

Dia dirawat di Rumah Sakit Kota Peterborough sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Addenbrooke di Cambridge. Dan menjalani serangkaian tes, termasuk dua bronkoskopi untuk mengambil sampel jaringan dari paru-parunya yang memastikan adanya pneumonia.

Suzie, yang menikah dengan David, 53, juga seorang guru, menambahkan: “Kami terkejut saat mengetahui bahwa kondisinya mungkin disebabkan oleh Tango,” 

 “Kami pernah memiliki hamster sebelumnya dan Jack menderita masalah pernapasan, tetapi kami tidak pernah menghubungkan keduanya. Jack pulang dan bermain dengan Tango, dia mulai merasa tidak enak badan lagi. Segera setelah kami mengetahui bahwa Tango mungkin penyebabnya, kami meletakkannya di ruang terpisah sementara kami mengatur ulangnya,” tuturnya

Pemulihan

Jack akhirnya keluar dari rumah sakit pada 23 Agustus, dua hari sebelum hari ulang tahunnya. Dia masih memulihkan diri di rumah tetapi berharap bisa kembali ke sekolah. 

Jack bilang dia rindu punya hamster tapi keluarganya memilih memelihara ikan.

 "Dia begitu positif sepanjang waktu, hanya mengambil satu hari pada satu waktu dan menetapkan target kecil untuk dirinya sendiri. Para dokter dan perawat luar biasa dan kami sangat berterima kasih,” tuturnya

Tango sekarang tinggal dengan perawat dari Rumah Sakit Peterborough yang merawat Jack.

 

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mendidik Anak secara Dwibahasa, Orangtua Perlu Melakukan Ini
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Korban Bullying Tidak Melaporkannya Kepada Orangtua