Sukses

Parenting

Mencari Tahu Apa yang Dimimpikan Bayi Saat Tidur

Fimela.com, Jakarta Sangat menggemaskan saat melihat bayi sedang tertidur namun tiba-tiba ia tersenyum ceria. Dengan melihat bayi tersenyum bahkan tertawa menggemaskan terkadang membuat orangtua bertanya apa yang sebenarnnya diimpikan oleh buah hatinya.

Dilansir dari Purewow, belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan apa yang sebenarnya diimpikan bayi saat tidur. Bahkan masih terjadi perdebatan apakah bayi sudah bisa merasakan mimpi saat tidur. Pasalnya, mereka menghabiskan sebagian besar kecilnya dengan tidur. Di mana rata-rata bayi akan tertidur selama 16 jam.

Sejak lahir, bayi menghabiskan separuh waktu tidurnya dengan fase REM atau Rapid Eye Movement. Tidur dengan fase ini juga terjadi ketika otak bayi memproses informasi, mengubah pengamatan, dan pengalaman menjadi keterampilan, mempertahankan ingatan dan mengembangkan bahasa.

 

Cara bayi bermimpi dalam tidur

Beberapa ahli berpendapat bahwa semua aktivitas ini tidak menyisakan ruang bagi kepala bayi untuk bermimpi. Psikolog David Foulkes menyimpulkan bahwa anak-anak tidak mulai memiliki mimpi yang hidup dan kaya narasi sampai mereka mencapai usia sekolah. Saat inilah mereka mulai menyadari identitas mereka sendiri dan imajinasi visual yang lebih luas.

Baru-baru ini, ilmuwan terkemuka membuat kasus yang meyakinkan bahwa bayi memang bermimpi. Sayangnya, belum ada teknologi yang secara spesifik menilai akan mimpi yang terjadi.

Ahli lain menyebut bahwa fase REM juga dialami oleh orang dewasa. Secara konsisten fase REM ini berkolerasi dengan mimpi pada orang dewasa. Bayi bisa menggunakan pengetahuan mereka dan belajar dari tidur REM. Jadi sangat mungkin jika bayi bermimpi dan mereka bahkan melakukannya lebih sering daripada orang dewasa.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2020: Mom Sweet Moms Ajak Ortu Patahkan Stigma Kesehatan Mental Remaja