Sukses

Parenting

Manfaat Mendidik Anak dengan Cinta

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua tentu memiliki cara pengasuhan untuk membuat anak-anaknya tumbuh secara optimal. Namun, hal yang paling utama ialah mendidik si kecil dengan cinta.

Rasa sayang yang orang tua berikan bisa dilakukan dengan sikap yang ramah, penuh kesabaran, perhatian hingga pujian. Jangan berpikir, jika hanya uang bisa membahagian anak melaninkan perhatian dan waktu bermain menjadi hal yang dibutuhkan anak.

Namun dalam cinta yang diberikan harus diimbangi dengan kedisplinan dalam mengasuh si kecil. Hal ini dikarenakan agar anak tidak menjadi pribadi yang manja, egois, atau keras kepala.

Manfaat mengasuh anak dengan cinta akan membuat si kecil lebih sukses karena dapat membantu kesehatan mental, lebih sehat secara fisik, meningkatkan perkembangan otak dan memori, hingga menciptakan ikatan yang lebih kuat antara orang tua dan anak.

Bagaimana cara menunjukan cinta pada anak?

Melansir skills.edu.eg, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menunjukakan cinta pada anak.

Saat anak masih kecil, orang tua perlu menunjukkan kasih sayang melalui sentuhan fisik, seperti memeluk dan menggendong anak.

Bermain bersama adalah cara yang bagus untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang. Pada usia balita, memegang tangan saat berjalan adalah cara yang baik untuk menunjukkan kasih sayang dan memiliki manfaat tambahan yaitu memberi mereka perasaan aman.

Berdiskusi dengan anak adalah cara lain untuk menunjukkan cinta. Seiring bertambahnya usia anak, orang tua dapat menunjukkan kasih sayang dengan cara non fisik, seperti memperhatikan anak, mengingat dan merayakan momen penting dalam hidup mereka, menyuarakan cinta mereka dan mencium mereka sebelum tidur.

 

#changemaker

;
Loading