Sukses

Parenting

Benar Nggak Sih Ada Pengaruh Antara Caesar dan Imunitas Anak? Temukan Fakta yang Sebenarnya!

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu yang lalu, media sosial sempat ramai oleh postingan selebriti tentang kelahiran caesar. Nina Zatulini dan Jennifer Bachdim yang sedang menanti kelahiran anak ketiganya dibuat bingung dengan proses persalinan mereka nanti. Keduanya sama-sama menjalani metode kelahiran normal saat melahirkan sebelumnya, tapi mereka masih punya pertanyaan apakah anak ketiga ini bisa berpotensi melahirkan secara caesar? Selain itu, mereka juga bingung nih apakah metode persalinan caesar dapat mempengaruhi imunitas si kecil nantinya?

Berbagai pertanyaan tentang kelahiran caesar ini sempat diunggah oleh para Mama tersebut di akun media sosialnya, yang kemudian menjadi topik hangat yang dibahas netizen. Menanggapi postingan tersebut, sang ahlinya langsung memberikan jawabannya nih. Dr. Ardiansjah Dara memposting penjelasannya secara ilmiah di IGTV akun Instagram pribadinya.

Fakta: Benar Jika Ada Pengaruh antara Caesar dan Imunitas

Adanya pendapat yang mengatakan jika anak yang lahir secara caesar memiliki imun yang tidak sama dengan anak yang lahir normal membuat para ibu jadi semakin bingung ketika momen menghadapi persalinan. Sebenarnya faktanya seperti apa sih? Dalam video singkat tersebut, Dr. Dara membenarkan jika terdapat hubungan antara metode kelahiran caesar dengan imunitas anak.

"Mungkin Mama pernah mendengar bahwa bayi yang lahir secara sectio caesaria imunnya tidak sama dengan bayi yang lahir secara normal. Kenapa? Karena bayi yang lahir secara normal mendapatkan 'makanan pertama' berupa bakteri baik yang hidup di vagina ibunya. Sementara jika lewat proses caesar, karena ia lewat perut, maka tidak mendapatkan bakteri baik tersebut," jelas Dr. Dara.

 

Imunitas Anak Masih Bisa Diupayakan

Melahirkan secara normal tentunya jadi harapan setiap Mama. Tapi, kadang ada beberapa indikasi yang membuat Mama harus melahirkan secara caesar demi keselamatan dan kesehatan Mama dan bayi. Dr. Dara pun menegaskan agar Mama tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut.

"Namun, Mama tidak perlu khawatir karena tetap memberikan ASI yang mengandung nutrisi lengkap, termasuk Sinbiotik, yaitu gabungan dari Probiotik dan Prebiotik yang dapat meningkatkan imunitas si Kecil," lanjut Dr. Dara.

Sinbiotik sendiri merupakan kombinasi dari prebiotik dan probiotik. Perannya adalah untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di usus sekaligus memperkuat daya tahan tubuh si Kecil. Hal ini juga diyakini bisa menurunkan risiko alergi anak, mengurangi diare dan gangguan pencernaan, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Selain itu, Dr. Dara juga menyarankan Mama agar tidak perlu khawatir karena saat si kecil sudah lahir nanti, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter anak. Di sini, Mama bisa menggali informasi tentang faktor apa saja yang dapat meningkatkan imunitas anak, termasuk pemberian makanan apa yang dapat membantu si kecil agar lebih kuat dan imunnya meningkat.

Mencari tahu fakta tentang kelahiran caesar sangat penting agar Mama bisa lebih memahami apa saja persiapan yang harus dilakukan, dampaknya pada daya tahan tubuh anak, hingga solusi nutrisi untuk anak yang lahir caesar dengan mengunjungi C-Ready Page, yuk! Semoga informasi ini bisa membuat Mama jadi lebih tenang dan #SiapLewatiCaesar apapun risikonya demi Mama dan buah hati yang sehat.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Seberapa Buruk Menonton Film Horor untuk Anak?
Artikel Selanjutnya
Kenali 4 Penyebab Stres Bagi Ibu Menyusui yang dapat Memengaruhi Produksi ASI