Sukses

Parenting

4 Cara Sederhana tapi Menyentuh Merayakan Hari Ayah di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Figur seorang ayah berperan penting dalam menjaga dan menjamin kelangsungan hidup keluarganya. Tidak hanya mencari nafkah, seorang ayah juga menjadi pemimpin, pelindung, serta contoh teladan bagi anggota lainnya terutama anak. Dedikasi dan pengorbanan tersebut dapat dirayakan Hari Ayah pada 12 November di Indonesia.

Hari Ayah tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung ditengah pandemi Covid-19. Meski pandemi cukup membatasi ruang gerak masyarakat, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa sayang dan terima kasihmu pada momentum Hari Ayah ini.

Masih bingung apa yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Ayah di tengah pandemi? Simak beberapa ide yang bisa membuat hari istimewa ini semakin berkesan bagimu dan ayah!

1. Sampaikan isi hatimu kepada ayah melalui pop-up letter

Surat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan seseorang, karena surat memungkinkan untuk menuliskan curahan hati yang sulit diucapkan secara langsung. Meskipun terkesan sederhana, surat dapat menjadi hadiah istimewa dan menyentuh hati penerimanya, terlebih jika seorang ayah menerimanya dari sang anak.

Untuk membuatnya lebih spesial dan menarik, dapat membuat surat yang berbeda dengan mendesainnya menjadi pop-up letter atau surat dengan efek 3D yang memiliki kesan timbul dan lebih hidup. Selain mengungkapkan rasa syukur dan menyelipkan doa kepada sang pahlawan keluarga.

2. Memasak camilan kesukaan ayah

Menjadi salah satu aktivitas yang semakin populer dilakukan di tengah pandemi, memasak dapat menjadi opsi yang bisa dilakukan untuk ayahmu. Dengan memasak atau membuat camilan kesukaan ayahmu, dapat menunjukkan kepedulian dan rasa sayangmu terhadapnya.

Bukan semata-mata tentang rasa, membuat camilan seperti pancake atau kue kering untuk ayah tentu terasa lebih bermakna karena membuatnya dengan usahamu sendiri. 

3. Membuat ayah lebih semangat bekerja

Dengan segala tantangan dan keterbatasan, tentu bukan hal mudah bagi seorang ayah untuk tetap memenuhi kewajibannya dengan bekerja di tengah pandemi. Di hari yang spesial ini, takada salahnya jika membantu ayah agar ia merasa semangat saat bekerja.

Kamu bisa melakukan berbagai inisiatif seperti memilihkan pakaian saat sang ayah hendak bekerja, menyambut kepulangannya dengan secangkir teh hangat dan pijatan, atau membantunya mencuci kendaraan di akhir pekan. Meskipun tidak terjun langsung dalam pekerjaan sang ayah, hal-hal tersebut tentu dapat menghilangkan stres dan rasa lelah yang ia alami saat bekerja.

4. Merekam video menarik untuk ayah

Selain melalui pop-up letter,  juga dapat merekam pesan yang ingin kamu sampaikan pada ayahmu dengan membuat video pendek. Sahabat Fimela dapat mengumpulkan momen kebersamaan bersama ayahmu yang dirangkum dalam satu video pendek. Dibanding memberikannya secara langsung kepada ayahmu, bisa mengunggahnya di media sosial dan bahkan menjadikannya konten untuk mengikuti video challenge. Salah satu video challenge yang bisakamu ikuti adalah challenge #TerhebatAyahku di aplikasi Likee untuk merayakan Hari Ayah.

Untuk mengikuti challenge #TerhebatAyahku, pengguna dapat mencari lagu "Ayahku Pahlawan" yang tersedia di Likee saat ingin merekam video dan melakukan gerakan tangan sesuai lirik dan irama, yang di kemudian diunggah dengan tagar #TerhebatAyahku. Agar videomu terlihat lebih menarik, bisa menambahkan pesan dan emoji di dalam video pendekmu sebagai ucapan terima kasih kepada ayah yang dapat dikreasikan kreasi sesukamu.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Selamat Hari Ayah Nasional, Ketahui Sejarahnya di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Inilah 5 Alasan Mengapa Anak Perempuan Memiliki Hubungan yang Lebih Baik dengan Ayahnya