Sukses

Parenting

4 Strategi untuk Membantu Anak Mengatasi Ketakutan Terhadap Air

Fimela.com, Jakarta Anak yang berusia tiga tahun menyukai waktu mandi dan tampak bersemangat dengan perjalanan keluarga seperti pergi ke pantai. Tetapi ketika anak tidak dapat bermain air atau bahkan memiliki ketakutan akan air, ada baiknya Mom segera mengindentifikasi masalah ini dengan segera. Jika anak mungkin mengalami trauma atau ketakutan akan air, ada baiknya untuk segera mengatasinya dengan beberapa hal berikut ini.

Mengajaknya Berendam Secara Bertahap

Membiarkan anak terbiasa dengan air secara bertahap bias sangat membantu. Mungkin di hari pertama mereka hanya mencelupkan jari kaki mereka, keesokan harinya mereka merendamkan diri selutut, kemudian naik ke pinggang. Beberapa anak benar-benar butuh waktu ekstra untuk merasa nyaman.

Gunakan Perlatan yang Menyenangkan

Menggunakan kacamata warna-warni, pelampung sayap air dengan karakter favorit dan lainnya. Beberapa anak merasa lebih nyaman masuk dengan peralatan kecil. Barang-barang ini bisa membuat mereka merasa aman dan lebih terjamin. Penting untuk ditekankan bahwa meskipun beberapa barang ini menyenangkan, itu bukanlah mainan.

Berikan Pengertian kepada Anak

Akan sangat membantu untuk memahami alasan di balik ketakutan anak. Terkadang sulit untuk dilakukan terutama jika itu ketakutan yang lebih umum terhadap air. Ajaklah anak berbicara dan membahas tentang ketakutan itu. Bicarakan dengan santai tanpa perlu menekan mereka.

Konseling

Jika dengan melakukan beberapa tindakan di atas anak masih belum menunjukkan perubahan, ada baiknya untuk konsultasikan masalah ini kepada dokter anak.

Mungkin sedikit mengkhawatirkan jika anak memiliki trauma atau ketakutan terhadap air. Tetap dorong anak untuk mengenal air dengan perlahan. Namun, jangan melakukannya sendiri. Jika strategi sederhana seperti atas tampakbya tidak berhasil, hubungi instruktur renang, psikolog atau dokter.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Mengajari Anak Berjalan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Bekerja dari Rumah saat Bersama dengan Anak