Sukses

Parenting

3 Tips Sederhana Mengajarkan Anak Selalu Bersyukur dan Peduli dengan Lingkungan Sekitarnya

Fimela.com, Jakarta Kita semua ingin membesarkan anak-anak yang baik hati, bertanggung jawab, sukses, dan penuh kasih. Mengajar anak-anak kita untuk mempraktikkan rasa syukur adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kualitas tersebut. Syukur memungkinkan anak-anak kita untuk sejenak keluar dari kepentingan diri mereka sendiri.

Yang terpenting, rasa syukur mengajarkan mereka untuk mengidentifikasi orang-orang dan keadaan yang memungkinkan semua hal baik yang mereka alami dalam hidup. Syukur mengajarkan kerendahan hati dan memperluas pandangan dunia anak-anak. Tidak hanya itu, penelitian telah menunjukkan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat berdampak positif pada kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa cara mengajarkan anak untuk selalu bersyukur.

Buatlah Jurnal

Penelitian telah menemukan bahwa membuat jurnal rasa syukur adalah cara yang berarti untuk mengajar dan menanamkan rasa syukur dalam diri kita semua. Tindakan dasar menulis satu hal yang disyukuri setiap hari adalah cara yang ampuh untuk merefleksikan dan memperingati hal-hal dalam hidup yang disyukuri. Hal ini juga dapat dilakukan untuk anak, bersyukur dan berbagi kepada setiap orang yang membutuhkan dapat dilakukan kepada anak.

Berbagi Kepada Mereka yang Membutuhkan

Mempraktikkan rasa syukur bukan hanya tentang mengakui hal-hal baik dalam hidup, tetapi menyampaikannya kepada orang lain yang kurang beruntung dari kita. Meminta anak menyiapkan makanan untuk disumbangkan ke dapur umum, atau barang untuk diantar ke penampungan tunawisma menjadi ide menarik. Ini akan membantu mereka menghargai banyak kekayaan yang mereka miliki dalam hidup dan menanamkan dalam diri mereka keinginan untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang hidup tanpa kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Berpartisipasi dalam Komunitas Pembersihan Lingkungan

Selain untuk menjaga dan berpartisipasi membersikan lingkungan ini adalah cara lain untuk menjalin ikatan dengan orang lain, dan juga meluangkan waktu untuk menghargai lingkungan tempat tinggal. Pembersihan lingkungan mungkin diadakan di pantai, taman, atau di sepanjang trotoar. Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru, dan melakukan bagian untuk mengurangi polusi dan penumpukan sampah di daerah. Ajak pula anak untuk melakukan kegiatan menyenangkan ini, ini akan menanamkan rasa empati kepada lingkungan yang ada di sekitar mereka.

Begitu banyak hal yang dapat dilakukan anak untuk menunjukkan rasa syukur mereka dengan cara berbagi atau dengan melakukan hal lain.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading