Sukses

Parenting

3 Cara Sederhana untuk Mengetahui Bakat pada Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Mengidentifikasi ciri-ciri kognitif, sosial, emosional, dan linguistik yang unik pada anak tidak selalu sulit. Faktanya, bagi mata yang terlatih, cukup mudah untuk melihat anak berbakat. Bahkan bagi orang tua yang tidak terlalu terlatih sekalipun, mudah untuk memperhatikan bahwa seorang anak tidak seperti anak-anak lainnya.

Namun, orang tua masih sering mempertanyakan apa arti perbedaan tersebut. Mereka tahu anak mereka pintar, tetapi apakah dia benar-benar berbakat? Meninjau daftar karakteristik umum yang ditemukan pada anak-anak berbakat adalah langkah cepat pertama yang dapat digunakan orang tua untuk menentukan apakah seorang anak berbakat. Berikut ini beberapa ciri-ciri anak berbakat yang perlu orangtua ketahui.

Ciri Kognitif

Apakah anak sangat jeli, sangat ingin tahu, atau cenderung memiliki minat yang intens? Pikirkan apakah anak memperhatikan hal-hal yang akan diabaikan oleh anak-anak, atau bahkan orang dewasa, itu tandanya jeli.

Ciri-ciri kognitif lain yang membuat anak-anak berbakat menonjol termasuk memiliki ingatan yang sangat baik, rentang perhatian yang panjang, keterampilan penalaran yang sangat baik dan kekuatan abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang berkembang dengan baik.

Sifat Sosial dan Emosional

Anak-anak berbakat menonjol dari teman sebayanya dengan mengembangkan minat dalam masalah filosofis dan sosial. Mereka juga sangat sensitif, baik secara emosional maupun fisik. Mereka mungkin menangisi hal-hal yang diabaikan oleh anak-anak lain atau mengeluh tentang kotoran yang menempel di pakaian mereka atau jahitan di kaus kaki yang mengiritasi kulit mereka.

Selain itu, anak-anak berbakat menunjukkan perhatian yang mendalam tentang keadilan dan ketidakadilan. Mereka cenderung perfeksionis, energik dan memiliki selera humor yang berkembang dengan baik, jika tidak unik. Mereka biasanya termotivasi secara intrinsik, artinya mereka menetapkan tujuan dan tantangan untuk diri mereka sendiri daripada untuk mendapatkan persetujuan orang lain.

Sifat Bahasa

Ciri-ciri bahasa anak-anak berbakat membedakan mereka juga. Mereka cenderung memiliki kosakata yang luas dan mungkin membaca lebih awal dari rekan-rekan mereka. Bahkan jika mereka membaca pada usia standar, mereka cenderung membaca dengan cepat dan luas. Mereka juga suka menanyakan pertanyaan "bagaimana jika".

Anak berbakat senang mempelajari hal-hal baru. Dia menikmati aktivitas intelektual dan menampilkan keceriaan intelektual. Anak-anak berbakat cenderung memiliki perkembangan yang tidak sinkron, yang berarti mereka mungkin secara mental sangat cerdik tetapi secara emosional bereaksi terhadap situasi seperti anak seusia mereka, atau bahkan lebih muda.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Sambut Hari Anak Sedunia, Pantau Anak Saat Berselancar di Media Sosial
Artikel Selanjutnya
Siasat Suami Vanessa Angel jadi Ayah Sufor Pakai Daster Wangi Sang Istri