Sukses

Parenting

5 Jenis Makanan yang dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan

Fimela.com, Jakarta Meskipun tidak ada makanan khusus yang secara ajaib akan meningkatkan peluang untuk hamil, makanan bergizi dan seimbang pasti dapat membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi, baik pada pria maupun perempuan.

Penting untuk diperhatikan bahwa pilihan makanan tidak berperan dalam kondisi serius tertentu yang menyebabkan kemandulan pada perempuan dan pria. Misalnya, jika saluran tuba tersumbat, sehingga sperma tidak mencapai sel telur, perubahan pola makan tidak akan menghilangkan penyumbatan dan membuka saluran tersebut. Melansir dari verywellfamily.com (14/12), berikut ini adalah jenis makanan utuh sehat yang mungkin bermanfaat bagi mereka yang ingin mengoptimalkan pola makan untuk kesuburan.

Keju

Keju yang matang, seperti cheddar, parmesan, dan manchego, dapat meningkatkan kesehatan sperma. Keju matang mengandung poliamina tinggi. Poliamina adalah protein yang ditemukan dalam produk nabati dan hewani.  Penelitian telah menemukan bahwa poliamina mungkin memainkan peran penting dalam sistem reproduksi. Keju matang khususnya mengandung putresin poliamina tinggi, yang mungkin berperan dalam kesehatan sperma.

Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil merupakan sumber serat dan folat yang sangat baik, keduanya penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang sehat. Lentil juga mengandung polyamine spermidine tingkat tinggi, yang dapat membantu sperma membuahi sel telur.

Asparagus

Asparagus adalah makanan yang kaya nutrisi, asparagus rendah kalori, akan membuat seseorang merasa kenyang, dan memberi banyak nutrisi penting untuk kesuburan. Dalam satu porsi asparagus akan mendapatkan nilai harian penuh berupa vitamin K, 60% dari nilai harian folat, dan lebih dari 20% nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

Tiram

Tiram muncul di hampir setiap daftar makanan kesuburan. Jenis makanan ini dikemas dengan nutrisi penambah kesuburan. Satu porsi yang tersdiri dari enam tiram mentah hanya mengandung 139 kalori, tetapi semua vitamin dan mineral penting untuk reproduksi seperti B12, seng, selenium, dan zat besi.

Delima

Delima telah lama dikaitkan dengan kesuburan dan kelahiran karena banyak bijinya. Meskipun bukan alasan ilmiah untuk menikmati buah delima, ini pasti alasan yang menarik. Buah delima yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma.

Nah, dari beberapa makanan di atas apakah Sahabat Fimela tertarik untuk mencobanya?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading