Sukses

Parenting

4 Cara Menghentikan Cegukan pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Cegukan pada bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma dan pita suara yang ditutup secara cepat. Penutupan pita suara yang cepat inilah yang menciptakan suara cegukan.

Cegukan pada orang dewasa biasanya sangat mengganggu, apalagi jika cegukan yang dialami oleh bayi. Namun biasanya bayi tidak terpengaruh oleh cegukan tersebut. Dilansir dari Healthline, banyak bayi dapat tidur meski sedang mengalami cegukan. Cegukan jarang mengganggu atau memengaruhi pernapasan bayi.

Sebuah studi pada 2019 menunjukkan bahwa mungkin penting untuk perkembangan otak dan pernapasan bayi. Cegukan pada bayi menjadi alat perkembangan lain. Namun jika bayi tampak tidak nyaman, ikuti beberapa cara berikut ini untuk menghentikan cegukan.

1. Istirahat dan sendawa

Beristirahat sejenak dari menyusu untuk bersendawa dapat membantu menghilangkan cegukan. Hal ini karena bersendawa dapat menghilangkan gas berlebih yang dapat menyebabkan cegukan.

Bersendawa juga akan membantu karena dapat menempatkan bayi dalam posisi tegak. American Academy of Pediatrics menyarankan agar bayi yang diberi susu botol dibuat bersendawa tidak hanya setelah menyusui melainkan secara berkala selama menyusui.

 

2. Gunakan empeng

Cegukan pada bayi tidak selalu dimulai dari menyusui. Ketika mulai cegukan, coba biarkan dia mengisap empeng karena ini dapat membantu mengendurkan diafragma dan dapat membantu menghentikan seragan cegukan.

3. Coba air gripe

Gripe water adalah kombinasi dari hebal dan air yang diyakini oleh beberapa orang dapat membantu mengatasi kolik dan ketidaknyamanan usus lainnya. Jenis herbal yang digunakan bisa bervariasi. Mulai dari jahe, adas, chamomile, dan kayu manis. Air ini memang belum terbukti secara klinis sehingga disaranan untuk mendiskusikannya dengan dokter bayi.

4. Biarkan berhenti sendiri

Bayi di bawah satu tahun akan sering cegukan. Jadi membiarkan mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Jika cegukan tersebut tidak mengganggu bayi kamu, lebih baik biarkan sendiri hingga ia berhenti sendiri.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading