Sukses

Parenting

5 Cara Mencegah Virus Corona pada Anak

Fimela.com, Jakarta Infeksi virus corona bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Anak-anak masuk ke dalam kelompok rentan terhadap infeksi virus corona mengingat imunitas yang belum sebaik orang dewasa. Kebanyakan kasus infeksi virus corona pada anak menimbulkan gejala ringan bahkan tidak bergejala sama sekali.

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya menjaga anak terhindar dari bahaya virus dengan tidak bepergian ke luar rumah. Pasalnya, anak usia di bawah 2 tahun tidak disarankan untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah. Memastikan anak tetap berada di rumah menjadi salah satu cara teraman mencegah virus corona pada anak.

Memang, tetap berada di rumah pun tidak menjamin anak bebas dari bahaya virus. Untuk itu, perlu dilakukan langkah pencegahan oleh orangtua dengan menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan WHO.

Seperti dilansir dari laman CDC, berikut sejumlah langkah untuk mencegah bahaya virus corona pada anak

 

1. Mencuci tangan

Cucilah tangan dengan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir setiap habis dari luar rumah dan sebelum memegang anak. Jangan lupa untuk mengajak serta anak kamu untuk melakukan hal serupa. Jika tidak tersedia sabun cuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Ajari anak untuk melapisi seluruh area tangan dengan hand sanitizer dan usap tangan bersamaan hingga kering. Jika anak masih berada di bawah 6 tahun, dampingi mereka ketika menggunakan hand sanitizer.

2. Gunakan masker

Pastikan semua orang yang bukan anggota keluarga rumah tersebut untuk menggunakan masker saat masuk ke dalam rumah. Jika anak sudah berada di atas usia 2 tahun, ajari untuk mengenakan masker secara tepat dan aman saat berada di luar ruangan.

 

3. Hindari kontak dengan orang lain

Pastikan anak dan orang di rumah menjauhi keramaian dengan jarak 2 meter dengan mereka yang tidak tinggal satu rumah maupun dengan orang yang sedang sakit.

4. Tutupi hidung dan mulut saat bersin dan batuk

Ketika batuk dan bersin, tutupi mulut dan hidung dengan tisu. Buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan. Pastikan semua orang rumah melakukan hal serupa.

5. Jaga jarak dengan anak

Jika kamu atau orang di rumah ada yang merasa sakit, jangan dekati anak-anak hingga benar-benar sembuh. Gunakan masker di dalam rumah jika harus berada di dekat anak-anak saat sedang sakit.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading