Sukses

Parenting

Memahami Perbedaan Demam Biasa dan Flu pada Anak

 Flu adalah penyakit yang lebih parah ketimbang demam biasanya, namun dengan gejala yang mirip memang sulit untuk membedakan keduanya. Kebanyakan kasus flu berhubungan dengan demam.

Penderita flu seringkali mengalami kedinginan, badan pegan, kelelahan, lemas, dan sakit kepala. Batuk dan bersin juga bisa muncul di kedua penyakit ini, namun lebih sering terjadi pada demam biasa.

Flu biasanya datang tiba-tiba. Rasa lelah, pegal-pegal, dan demam datang secara bersamaan. Sedangkan demam biasanya biasanya bertahap, seperti dilansir dari purewow.com.

 

 

Perbedaan flu dan demam biasa pada anak

Pertama, anak akan merasakan sakit tenggorokan dan pilek. Lalu, hidung tersumbat semakin parah dan anak akan mengalami batuk yang berubah dari kering menjadi basah, dan akan mulai memburuk sebelum membaik.

Baik demam biasa atau flu memiliki masa inkubasi yang serupa, yang berarti keduanya menyebabkan penyakit dalam beberapa hari setelah terpapar. Waktu terjadinya demam dengan pilek dan batuk, sedangkan flu ditandai dengan demam yang bersamaan dengan nyeri otot dan kelelahan.

Perbedaan flu dan demam biasa pada anak

Ketika mendapati anak demam, ukur suhu tubuhnya secara berkala, cari tanda-tanda kesulitan bernapas, nyeri hebat, atau perubahan status mental yang mengindikasikan penyakit atau komplikasi yang memburuk. Jika anak tiba-tiba mengalami demam tinggi, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Tapi jika anak mengalami gejalanya selama beberapa hari, tidak apa untuk menunggu satu atau dua hari untuk melihat bagaimana keadaannya sebelum diperiksakan ke dokter. Flu bisa berbahaya dengan potensi pneumonia, rawat inap, dan kematian sebagai akibatnya.

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Atasi Kebosanan Anak Saat Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Gadget untuk Anak dan Pilihan Smartphone yang Aman