Sukses

Parenting

4 Tips Merawat Kuku dan Jari Bayi yang Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Jari tangan dan kaki bayi yang baru lahir terlihat kecil dan membutuhkan perhatian khusus. Menjaga kulit bayi tetap lembut dan kuku yang rapi serta bersih membutuhkan perawatan ekstra. Tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh Mom. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga jari-jari si kecil agar tetap aman dan terlindungi.

Memangkas Kuku Si Kecil

Mom harus menjaga agar kuku bayi tetap rapi. Meskipun kuku jari si kecil setipis kertas, terkadang bisa tampak seperti cakar kecil. Karena bayi yang baru lahir belum memiliki kontrol motorik yang berkembang sempurna, ia akan sering kali menggaruk-garuk dirinya sendiri. Jika kuku tersebut terus tumbuh maka dapat melukai si kecil.

Kuku bayi tumbuh dengan cepat, jadi Mom perlu memangkasnya dua kali seminggu. Selalu gunakan gunting kuku yang bersih atau gunting kuku tumpul untuk menjaga kuku bayi tetap pada panjang yang sesuai. Jangan memotong terlalu dekat dengan kulit si kecil.

Sering Periksa Jari Si Kecil

Mom mungkin terkejut dengan banyaknya serat, rambut, dan bulu halus yang terkumpul di jari tangan dan kaki si kecil. Bayi baru lahir khususnya, cenderung memiliki genggaman dengan erat, yang merupakan aspek normal dari perkembangan bayi baru lahir. Sebaiknya periksa tangan dan kaki bayi setiap kali mengganti popok dan gunakan tisu bayi untuk membersihkan tangan dan kakinya.

Lindungi Tangan dan Kakinya Bayi dengan Sarung Tangan

Sarung tangan bayi adalah cara terbaik untuk melindungi tangan bayi dan mencegahnya menggaruk dirinya sendiri. Saat berkemas ke rumah sakit, simpan sepasang sarung tangan bayi untuk digunakan setelah melahirkan. Beberapa orang tua menggunakan kaus kaki kecil untuk melindungi bayi agar tidak menggaruk sendiri.

Gunakan Gentle Baby Lotions

Apakah Mom menggunakan baby lotion atau tidak adalah pilihan. Jika bayi tampaknya tidak memiliki bercak kering, lotion mungkin tidak diperlukan. Namun, banyak orang tua yang melembabkan kulit bayi mereka dengan lotion yang lembut.

Tidak jarang kulit bayi mengelupas pada minggu-minggu setelah lahir. Walaupun kulit yang mengelupas tidak berbahaya atau menyakitkan, dan kemungkinan tidak mengganggu bayi, Mom dapat menggunakan lotion bayi jika ingin menjaga kulit bayi tampak halus dan lembut.

Usahakan untuk menjaga kulit dan jari bayi ya Mom dan tentunya membutuhkan ketelatenan dalam melakukannya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading