Sukses

Parenting

Hati-Hati, Studi Membuktikan Cara Orangtua Bertengkar Pengaruhi Kesuksesan Anak di Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Setiap keluarga dan hubungan rumah tangga akan selalu menemui kendalanya, tidak menutup kemungkinan ayah dan ibu akan bertengkar mengenai suatu hal. Bahkan banyak yang secara terang-terangan bertengkar di depan anak-anak.

Meski sudah sangat wajar terjadi dalam setiap keluarga, namun orangtua sebaiknya lebih hati-hati saat bertengkar, karena ternyata cara bertengkar orangtua mampu memengaruhi pemikiran anak di masa depan.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Developmental Science dan dilakukan oleh psikolog E. Mark Cummings dari Notre Dame University, menemukan bahwa ketika anak-anak menyaksikan pertengaran ringan hingga sedang yang melibatkan kompromi, emosi positif dan dukungan di dalam keluarga, secara alami anak belajar tentang keterampilan sosial, harga diri, dan kestabilan emosional yang lebih baik.

Pertengkaran orangtua pengaruhi masa depan anak

Efek lebih lanjutnya, anak-anak tidak akan memiliki kesulitan membangun kehidupan sosial dan prestasi yang lebih baik di sekolah. Cummings mengatakan, "Ketika anak-anak melihat orangtuanya menyelesaikan pertengkaran dengan baik, misalnya tidak menghindari masalah dan saling berusaha menemukan solusi bersama, anak-anak merasa lebih mempercayai orangtuanya."

Sebaliknya, jika anak-anak melihat orangtuanya bertengkar dengan hebat dengan kata-kata kasar bahkan dengan kontak fisik yang tidak semestinya, anak bukan hanya akan stres namun juga membentuk pemikiran negatif. Stres kronis karena berulang kali terpapar konflik destruktif dari orangtua dapat menyebabkan anak-anak menjadi khawatir, cemas, putus asa, marah, agresif, mengalami perilaku menyimpang, sakit-sakitan, lelah, dan memiliki pencapaian buruk secara akademis.

Tidak banyak orangtua yang sadar bahwa cara mereka bertengkar ternyata mampu memengaruhi pembentukan kepribadian anak dan bahkan memengaruhi kesuksesannya sebagai individu di masa depan.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya lebih hati-hati saat bertengkar di depan anak ya Moms. Bertengkarlah secara positif dan memberikan sehingga bisa efek baik pada anak.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading