Sukses

Parenting

Ibu yang Penuh Cinta Mampu Selamatkan Anak dari Hal Ini di Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Sosok yang penuh kasih sayang adalah bayangan setiap orang ketika memikirkan tentang kata 'Ibu'. Namun tidak semua ibu penuh kasih sayang dan cinta pada anaknya. Ada kalanya anak harus mengalami hubungan yang buruk dengan ibunya sendiri, dan percaya atau tidak, hubungan yang buruk memberikan dampak jangka panjang pada kehidupan anak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University at Buffalo di New York menemukan bahwa hubungan buruk dengan orangtua (terutama ibu) sejak kecil mampu membuat anak mudah terjerumus ke dalam hubungan cinta penuh kekerasan atau abusive saat dewasa.

Anak-anak yang tumbuh dewasa tanpa "contoh kasih sayang" yang seharusnya dari seorang ibu akan menganggap bahwa hubungan yang toxic itulah yang memang seharusnya ia dapatkan dari pasangan.

Sikap Ibu Pengaruhi Anak

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Interpersonal Violence ini mempelajari lebih dari 140 anak remaja ini menemukan bahwa memiliki ibu yang bersikap hangat dan mudah menerima ternyata membuat anak memiliki risiko kecil terjebak dalam hubungan cinta abusive saat dewasa.

Ketua penelitian Jennifer Livingston mengatakan bahwa anak-anak membentuk pemikiran mengenai dirinya sendiri dengan orang lain berdasarkan hubungan yang diterima dari orangtua. Jika pengasuhan orangtua cenderung kasar, anak akan belajar melihat diri mereka sebagai sosok yang tidak dapat dicintai. Akibatnya mereka mudah menerima perlakuan buruk pasangan atau orang lain karena berpikir mereka memang layak mendapatkannya.

Ketika orangtua memberikan kasih sayang yang tepat, sikap hangat serta menerima kepada anaknya, anak secara otomatis juga akan membentuk pemikiran menerima cinta yang lebih positif sehingga tahu bahwa hubungan dengan kekerasan bukanlah hubungan yang baik.

Jadi jika tak ingin anak terjebak hubungan abusive saat dewasa, jadilah orangtua yang hangat dan mudah menerima ya Moms.

#ElevateWomen with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mudah Menghindari Junk Food bagi Anak agar Tumbuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menjaga Kesehatan Anak dari Penyakit di Tengah Cuaca Ekstrem