Sukses

Parenting

5 Tips Cerdas untuk Menambah Nafsu Makan Bayi dan Anak

Fimela.com, Jakarta Penambah nafsu makan selalu menjadi pertanyaan bagi banyak orangtua agar membuat bayi dan anak mendapatkan asupan makanan bergizi. Sebab bayi dan anak bisa menjadi pemilih makanan yang membuat mereka hanya ingin menyantap apa yang disuka.

Padahal dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mereka, sangat penting memastikan untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup. Lalu bagaimana cara agar anak mencukupi kebutuhan nutrisi sementara nafsu makannya sangat kecil dan selalu mencari alasan untuk tidak makan?

Jangan khawatir, pasti selalu ada cara untuk mengatasinya. Cobalah lima tips cerdas ini untuk penambah nafsu makan bayi dan anak melansir dari food.ndtv;

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Seperti orang dewasa, bayi dan anak juga mutlak tak boleh melewatkan sarapan. Sarapan yang baik dan sehat 'membatalkan' puasa mereka setelah tidur malam dan memulai metabolisme untuk meningkatkan nafsu makan.

 

 

2. Perhatikan kadar zat besi

Kadar zat besi rendah diketahui dapat mengurangi nafsu makan anak. Beberapa studi menunjukkan setidaknya satu dari delapan balita cenderung mengalami anemia sebelum usia dua tahun. 

Anak-anak di bawah usia 9 tahun membutuhkan sekitar 7-10 mg zat besi sehari dan di atas 9 tahun butuh 8 mg zat besi setiap hari. Coba masukkan makanan kaya zat besi seperti bayam, telur, dan lentil yang dipasangkan dengan vitamin C untuk meningkatkan penyerapan dan penggunaannya oleh tubuh.

 

 

3. Minum air 30 menit sebelum makan

Mulailah hari anak dengan segelas air juga 30 menit sebelum makan. Air cenderung mengaktifkan cairan pencernaan dan enzim yang meningkatkan nafsu makan dan juga pencernaan.

 

 

4. Tambahkan makanan kaya zinc

Zinc adalah mineral sangat penting yang diperlukan untuk meningkatkan kekebalan, mengatur fungsi anti-oksidan, serta pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan seng ringan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, diare sampai meningkatkan kerentanan terhadap infeksi.

Campurkan makanan seperti biji labu, kacang-kacangan, bayam, dan jamur dalam makanan mereka.

 

 

5. Beri makanan setiap dua jam

Anak-anak membutuhkan energi untuk bermain dan bersenang-senang sepanjang waktu. Jika anak tidak pernah rewel karena lapar, beri dia makan dengan porsi kecil setiap dua jam. 

Tiga kali makan besar mungkin tidak membuat mereka nyaman, jadi, beri porsi lebih kecil setiap dua jam untuk merangsang nafsu makan. Dan beri makanan ringan atau kacang di antara waktu makan, seperti kacang tanah yang dikenal karena sifatnya yang meningkatkan nafsu makan dan kaya protein.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
11 Cara Jitu Penambah Nafsu Makan Anak Alami