Sukses

Parenting

7 Film Kartun Anak yang Mendidik dan Bisa Dinikmati Sekeluarga

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak untuk memiliki karakter positif memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun terkadang, para orangtua memiliki media tersendiri dalam membenamkan perilaku yang baik untuk buah hatinya. Salah satunya melalui film kartun.

Film kartun bisa menjadi media yang cukup bagus untuk mendidik anak. Melalui film kita bisa melatih imajinasi si kecil dengan berbagai visual gambar yang menarik, sekaligus mendapatkan berbagai pesan positif dari tontonannya.

Akan tetapi sayangnya, tak sedikit film kartun yang menayangkan adegan kekerasan. Melansir dari Huffpos, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kekerasan dalam film dapat berdampak buruk pada anak-anak serta memengaruhi cara mereka berpikir dan bertindak. Mereka memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang dilihat, karena itu mereka juga mempunyai kemungkinan untuk meniru adegan kekerasan di televisi.

Dalam hal ini, peran orangtua sangatlah penting untuk menyeleksi tontonan yang layak untuk si kecil. Selain memberi batasan, orangtua juga harus turut mendampingi dan memberi penjelasan mengenai adegan film kartun kepada anak.

Nah, film kartun apa saja yang mendidik untuk anak? dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 7 deretan film animasi menghibur sekaligus mendidik buah hatimu.

1. Wall- E

Dengan dialog yang minim, film animasi yang diproduksi oleh Pixar ini tetap menjadi salah satu film terbaik pada masanya. Rilis pada tahun 2008, Wall- E menceritakan tentang masa depan di mana manusia telah meninggalkan bumi karena ditutupi oleh sampah.

Satu-satunya objek pada animasi ini adalah robot tua bernama Wall-E yang merupakan robot pembantu untuk mendaur ulang sampah di pabrik daur ulang. Hidup Wall-E sontak berubah semenjak ia bertemu dengan robot lain bernama Eve. Dari sinilah petualangan dimulai untuk mencari tanda-tanda kehidupan di bumi.

Wall-E merupakan film edukasi yang baik untuk anak-anak. Sebab, film ini mengandung pesan tentang apa yang akan terjadi jika manusia tidak merawat bumi dengan baik. Selain itu, film Wall-E juga dibungkus dengan sedikit unsur komedi sehingga menarik untuk ditonton bersama keluarga.

2. Coco

FIlm animasi keluaran Disney Pixar ini juga menjadi salah satu hiburan keluarga yang menarik untuk ditonton, apalagi diperankan oleh anak-anak. Coco menceritakan kisah seorang anak laki-laki bernama Miguel yang mencintai musik.

Namun, sayangnya Miguel tumbuh di keluarga yang sangat membenci musik. Dalam film ini, MIguel berjuang untuk memepertahankan mimpinya hingga berpetualang ke dunia orang sudah meninggal. Coco bukan sekedar film yang menghibur untuk si kecil, tetapi juga mengandung pesan moral tersembunyi.

Dibalik alur ceritanya yang lucu, coco mengingatkan kejujuran pada anak, mengenalkan keluarga sebagai harta yang paling berharga, serta mengajarkan untuk sebelum meraih cita-cita yang diimpikan.

 

3. Inside Out

Inside out juga termasuk salah satu film yang digemari karena memiliki alur cerita yang unik sekaligus mengedukasi si kecil. Film yang dirilis pada tahun 2015 ini menggambarkan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak manusia bernama Riley.

Gadis kecil ini mengalami kegelisahan karena dirinya diharuskan ikut pindah ke San Fransisco mengikuti kepindahan kerja dari sang Ayah. Karena harus menyesuaikan diri di lingkungan baru, kondisi ini yang membuat Riley merasakan beragam emosi di dalam dirinya. Seperti bahagia, sedih, marah, takut, hingga perasaan jijik.

Emosi ini digambarkan dalam bentuk animasi yang menggemaskan sehingga bisa menghibur siapapun yang menontonnya. Tak hanya itu, Inside Out juga mengajarkan si kecil untuk mengenal jenis-jenis emosi, meberikan arahan dalam mengelola emosi yang baik, dan mengajarkan cara menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

4. Up

Siapa yang tak mengenal film animasi besutan Disney satu ini? Up menjadi film yang mengharukan bagi orang dewasa sekaligus mendidik untuk anak-anak. Film ini menceritakan tentang petualangan menuju Paradise Falls seorang kakek tua bernama Carl bersama anak kecil bernama Russel.

Petualangan dimulai saat Carl memutuskan untuk mengangkat rumahnya dengan bantua ribuan balon dan membawanya dalam perjalanan.

Dibalik lagu instrumentalnya yang indah, Up akan mengajarkan si kecil tentang usaha keras, sifat pantang menyerah, dan arti persahabatan yang tak kenal usia.

5. Zootopia

Film Zootopia menceritakan tentang kisah seekor kelinci bernama Judy Hopps yang masuk ke dalam akademi kepolisian di Zootopia Police Departmen. Berbeda dengan teman-temannya yang memiliki badan yang gagah, Judy kerap kali dianggap lemah karena bertubuh mungil.

Karena hal tersebut, Judy pun selalu hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir. Ia tak pernah diberi kesempatan untuk menunjukan ke ahliannya di bidang kepolisian.

Selain menghibur untuk anak-anak, Zootopia juga memberikan pesan medidik seperti melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain, dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

 

6. The Good Dinosaur

Film petualangan drama animasi keluaran tahun 2015, dan diproduksi oleh Pixar ini menceritakan tentang kisah persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus bernama Arlo. Dinosaurus berjenis Apatosaurus ini harus menempuh perjalanan panjang dan mengharuskan dirinya lebih berani. Dalam sepanjang alur ceritanya,

The Good Dinosaurus menunjukan kepada anak-anak untuk belajar mengelola rasa takut, belajar bertanggung jawab, hingga harus berbuat baik ke orang lain. Selain itu, film ini juga memberikan pemahaman bahwa keluarga adalah segalanya.

7. My Neighboor is Totoro

Meski tergolong film lawas yakni keluaran tahun 1958, film besutan studio Ghibli ini masih seru untuk ditonton bersama si kecil. Film animasi Jepang ini bercerita tentang dua anak kecil bernama Satsuki dan Mei yang harus pindah ke pedesaan karena ibunya yang sakit.

Di rumahnya yang baru, Satsuki bertemu dengan mahluk magis bernama Totoro yang akan membawa Satsuki ke hutan yang dipenuhi dengan kegembiraan. Karakter Mei yang ceria dan Satsuki yang berani menjadi daya tarik tersendiri dari film ini. Dengan imajinasi keduanya, mereka mempercaya bahwa keberadaan Totoro selalu membantu mereka.

Film bertajuk My Neighboor is Totoro merupakan film yang sangat bagus untuk dinikmati semua umur, tak terkecuali sang buah hati. Pasalnya, film ini minim adegan yang tak layak ditonton si kecil. Selain itu, pesan moral film ini mengajarkan anak-anak untuk melestarikan hutan sebagai jantung bumi.

Penulis: Hilda

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Morula IVF Indonesia Buka Kesempatan Jalani Program Bayi Tabung Tanpa Perlu Keluar Biaya
Artikel Selanjutnya
5 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Bermain Gadget