Sukses

Parenting

Ketahui 4 Pengaruh Jangka Panjang Terlalu Sering Memarahi dan Membentak Anak

Fimela.com, Jakarta Merasa frustrasi dengan anak-anak adalah hal yang wajar, terutama jika mereka berperilaku tidak baik. Tetapi cara Mom mengekspresikan rasa frustrasi ini dan menghadapi situasi tersebut dapat berdampak besar pada perkembangan kepribadian dan kesehatan jangka panjang mereka.

Melansir dari Healthline.com (19/2), tindakan pendisiplinan orangtua yang keras, seperti berteriak, dapat berdampak lebih besar pada anak-anak daripada yang diyakini sebelumnya. Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui tentang efek jangka panjang dari berteriak pada anak-anak.

Berteriak Akan Memperburuk Perilaku

Mom mungkin berpikir bahwa meneriaki anak-anak dapat menyelesaikan masalah pada saat itu atau dapat mencegah mereka berperilaku buruk di masa depan. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa hal itu sebenarnya bisa menciptakan lebih banyak masalah dalam jangka panjang. Berteriak justru dapat membuat perilaku anak semakin buruk.

Berteriak Mengubah Cara Otak Berkembang

Berteriak dan teknik pengasuhan yang keras lainnya benar-benar dapat mengubah cara otak anak berkembang. Itu karena manusia memproses informasi dan peristiwa negatif lebih cepat dan menyeluruh daripada yang baik.

Berteriak dapat Menyebabkan Depresi

Selain anak-anak yang merasa sakit hati, takut, atau sedih saat diteriaki orang tua, pelecehan verbal memiliki kemampuan untuk menyebabkan masalah psikologis yang lebih dalam hingga anak dewasa. Banyak penelitian juga menunjukkan hubungan antara pelecehan emosional dan depresi atau kecemasan. Jenis gejala ini dapat memperburuk perilaku dan bahkan dapat berkembang menjadi tindakan yang merusak diri sendiri, seperti penggunaan narkoba atau peningkatan aktivitas seksual yang berisiko.

Berteriak Berpengaruh pada Kesehatan Fisik

Pengalaman yang kita miliki saat tumbuh membentuk kita dalam banyak hal, beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak kita sadari. Stres di masa kanak-kanak dari orang tua yang melakukan pelecehan verbal dapat meningkatkan risiko anak untuk masalah kesehatan tertentu sebagai orang dewasa. Hal ini juga dapat membuat anak mengalami stres yang dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan fisik mereka.

Tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan dalam perilaku pengasuhan atau mempelajari beberapa teknik baru untuk mendisiplinkan anak. Jika menyadari Mom banyak berteriak atau kehilangan kesabaran cobalah untuk meminta bantuan orang terdekat atau seorang terapis.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Solusi untuk Mengatasi Anak yang Sulit Bicara
Artikel Selanjutnya
3 Jenis Ruam pada Bayi dan Cara Mengatasinya