Sukses

Parenting

Konduksi, Konveksi, dan Radiasi, Beda Artinya Ceritakan Caranya Untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Memelajari sains memang gampang-gampang susah, apalagi saat harus belajar dari rumah. saatnya orangtua memberikan pendampingan yang tepat, misalnya dengan menjelaskan materi bermodal kejadian atau fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar atau aktivitas sehari-hari. Di Program Belajar dari Rumah Kemendikbud untuk Kelas 5 SD Episode 42, para siswa akan diajak membedakan konduksi, konveksi, dan radiasi.

Perpindahan Energi Panas

Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3, siswa kelas 5 akan memelajari soal macam perpindahan kalor dengan kak Yohana. Kalor atau yang disebut juga dengan panas ini merupakan salah satu bentuk energi, dengan matahari sebagai sumber terbesar.

Sebagian benda mampu memindahkan energi kalor, yaitu dari benda bersuhu panas ke yang lebih rendah. Kak Yohana akan menjelaskan tiga cara perpindahan kalor yang berbeda.

Pertama, konveksi merupakan perpindahan kalor melalui benda yang diikuti perpindahan aliran panas pada zat benda tersebut. Contoh mudahnya, air yang mendidih di dalam panci akan mengalami perpindahan partikel air. Begitu juga minyak kelapa dan udara yang juga mengalami perpindahan kalor secara konveksi.

Berbeda dengan konveksi, konduksi juga memindahkan kalor melalui perantara, tapi tidak diikuti dengan perubahan benda tersebut. Salah satu contoh mudah yang mudah dipahami para siswa kelas 5 adalah panci yang mampu memindahkan energi panas dari api ke air, tanpa mengalami perubahan bentuk.

Terakhir, radiasi merupakan perpindahan panas secara langsung, tanpa menggunakan perantara. Inilah yang membuat manusia dapat merasakan panas dari api unggun atau sinar matahari dari pagi hingga sore hari. Radiasi matahari ini sendiri punya banyak manfaat, mulai dari mengeringkan baju, produksi garam dari air laut, hingga menjemur kerupuk.

Air sebagai Sumber Energi Tubuh

Selain kalor, air juga merupakan sumber energi yang diperlukan oleh makhluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Ada banyak manfaat air bagi tubuh, mulai dari menjaga sistem kekebalan tubuh, suhu tubuh tetap stabil, kulit jadi lebih sehat, memaksimalkan fungsi kerja otak, hingga meningkatkan konsentrasi belajar.

Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, terutama saat terlalu lama terkena radiasi dari matahari. Sesuaikan dengan kebutuhan cairan per hari yang disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Misalnya bayi membutuhkan 1 liter air per hari dan terus meningkat menjadi 1 ¾ liter air per hari untuk anak-anak, termasuk siswa kelas 5. Selain konsumsi air putih, kebutuhan cairan ini juga bisa dipenuhi dengan meminum susu atau memakan buah-buahan dengan kadar air yang tinggi.

Selain pembelajaran yang mudah dipahami, program Belajar dari Rumah ini juga mengajak anak-anak untuk memecahkan berbagai soal. Mulai dari menghitung pecahan, membuat kalimat, hingga memahami berbagai bentuk energi yang ada di sekelilingmu. Disampaikan dengan contoh dan bahasa yang mudah dipahami, ajak anak-anak untuk menonton program persembahan Kemendikbud kelas 5 setiap hari di TVRI mulai pukul 10.30-11.00 WIB. (*/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading