Sukses

Parenting

Sambut Ramadan, Latih Empati Anak Kepada Ribuan Anak Yatim Melalui #AnakHebatBerbagi

Fimela.com, Jakarta Menyambut Ramadan, Bebelac meluncurkan kampanye baru untuk membantu orang tua menumbuhkan nilai-nilai kebaikan pada anak melalui kegiatan berbagi kepada puluhan ribu anak yatim di seluruh Indonesia. Kegiatan bertajuk #AnakHebatBerbagi ini dapat diikuti para orang tua serta anak, sepanjang bulan Ramadan, dimulai sejak Kamis, (01/04).

“Mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak sejak dini sangat penting untuk membekali mereka tumbuh secara menyeluruh. Tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga memiliki kebaikan hati. Dengan begitu anak-anak dapat menjadi pribadi yang produktif dan berjiwa sosial di masa depan”, ujar Psikolog anak Fathya Artha Utami, MPsi.

Salah satu permasalahan sosial yang dapat menjadi area anak untuk belajar berbuat kebaikan adalah tingginya tantangan ekonomi yang dihadapi penduduk Indonesia. Data gabungan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017 menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak-anak di Indonesia dengan anggota keluarga lebih dari 7 orang menghadapi tantangan ekonomi. Secara lebih umum, di 2020 BPS juga melaporkan bahwa jumlah penduduk yang menghadapi tantangan ekonomi meningkat cukup signifikan di masa pandemi yaitu 10,19% dari total penduduk di Indonesia. Angka ini masih melampaui level yang diharapkan oleh pemerintah Indonesia yaitu di bawah 10% dari total penduduk.

“Dari jumlah anak-anak yang menghadapi tantangan ekonomi tersebut, anak yatim di panti asuhan mengalami kondisi yang paling mengkhawatirkan. Oleh karena itu, dalam nuansa bulan Ramadan, kami mencoba memberi wadah bagi orang tua untuk berdonasi dan mengajak anak hebat mereka untuk menyebarkan kebaikan bersama kami. Dengan semakin banyak orang tua dan anak-anak yang terlibat dalam tujuan sosial ini, kami berharap lebih banyak anak Indonesia yang tercukupi kebutuhan nutrisinya dan bisa merayakan Idul Fitri dengan sehat dan ceria,” ujar VP Marketing SN Indonesia Sri Widowati dalam konferensi pers virtual Bebelac yang diselenggarakan hari ini (25/3).

Orangtua bisa berdonasi

Dalam kegiatan #AnakHebatBerbagi, orang tua dapat berdonasi dengan mudah di tengah kesibukan mereka, dengan membeli produk Bebelac 3, 4, dan 5 di berbagai gerai retail termasuk Indomaret. Hasil donasi tersebut akan Bebelac salurkan kepada ribuan anak panti asuhan di berbagai daerah di Indonesia. Bantuan tersebut akan kami kemas dalam bentuk paket nutrisi yang terdiri dari produk Bebelac 4 serta makanan bernutrisi lainnya. Melalui paket tersebut diharapkan anak-anak di panti asuhan juga dapat terpenuhi kebutuhan gizinya.

Tak hanya itu, orang tua dapat melibatkan anak mereka untuk berempati kepada anak-anak di panti asuhan. Caranya dengan memberi pesan semangat dalam bentuk foto yang nantinya akan Bebelac kompilasi dan berikan bersama donasi kepada anak-anak yatim piatu. Selain itu, orang tua juga dianjurkan mengunggah pesan anak hebat mereka tersebut ke akun media sosial dengan tagar #AnakHebatBerbagi.

Menurut Psikolog Anak Fathya Artha Utami, MPsi. aktivitas sederhana namun berdampak besar tersebut, akan berkontribusi terhadap perkembangan sosial emosional anak. “Melatih empati adalah proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati. Meski begitu, ada cara-cara sederhana yang dapat orang tua lakukan dalam keseharian. Misalnya mengajak anak untuk bersyukur, bercerita tentang pentingnya membantu sesama, serta mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain maupun lingkungan. Kegiatan seperti #AnakHebatBerbagi bisa menjadi wadah yang pas untuk melatih hal-hal tersebut.”

Salah satu Aktris yang juga seorang Ibu, Syahnaz Sadiqah, juga memiliki perhatian besar terhadap perkembangan sosial emosional anak. “Sebagai orang tua, aku ingin sekali Zayn dan Zunaira bisa tumbuh menyeluruh, bukan cuma pintar, berani, tetapi juga punya kebaikan hati. Aku sadar aku perlu memberi contoh baik dan juga melibatkan mereka dalam kegiatan yang edukatif tetapi tetap menarik. Karena itu, kegiatan seperti #AnakHebatBerbagi ini bisa jadi wadah yang baik banget menurutku. Aku bisa berdonasi, melibatkan Zayn dan Zunay untuk kasih pesan kebaikan, dan bonusnya bisa ikutan mencukupi kebutuhan gizi anak yatim piatu di bulan Ramadan ini. Semoga banyak orang tua lain yang tergerak untuk berpartisipasi di kegiatan #AnakHebatBerbagi,” ungkap Syahnaz.

Kegiatan #AnakHebatBerbagi merupakan bagian dari kampanye Bebelac Tunjukkan Hebatmu. Melalui kampanye jangka panjang ini, Bebelac bertujuan memberi wadah bagi orang tua dalam membesarkan anak yang tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki empati dan kebaikan hati. Kampanye ini meliputi kegiatan untuk orang tua dan anak, talk show edukatif bersama para pakar, serta konten inspiratif yang bisa orang tua akses di bit.ly/TunjukkanHebatmu, akun Facebook, dan Instagram resmi Bebelac.

“Tujuan kami di Bebelac adalah membantu orang tua untuk membesarkan anak hebat. Jadi pada dasarnya kami ingin anak-anak Indonesia tumbuh dengan sehat, memiliki kecerdasan intelektual, dan juga memiliki kebaikan hati. Melalui Tunjukkan Hebatmu dan rangkaian kegiatan di dalamnya, kami berharap dapat menginspirasi sebanyak mungkin orang tua untuk lebih melibatkan anak-anak dalam kegiatan berbagi kebaikan. Sehingga kelak semakin banyak generasi penerus yang memiliki kecerdasan serta kebaikan hati dan mampu berkontribusi mengurangi masalah sosial yang ada di Indonesia,” tutup Sri Widowati.

Penulis :Adonia Bernike Anaya (Nia)

 

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading