Sukses

Parenting

Kurang Minum dapat Membuat Anak Sembelit, Ketahui Ciri-Cirinya

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika air mineral memiliki segudang manfaat bagi kinerja organ-oragan tubuh agar berfungsi optimal. Maka jika kekurangan minum  akan mengalami permasalahan seperti sembelit

Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak (bayi atau balita) karena kurang nya mengonsumsi makanan berserat dan air mineral. Hal ini menyebabkan kinerja organ pencernaan menjadi terganggu.

Sayangnya, anak-anak relatif belum mampu untuk menjelaskan kepada orang tua ketika mengalami sembelit. Perlu perhatian khusus bagi para orang tua untuk memperhatikan gerak-gerik buah hatinya.  

dr. Wulan Patricia Telew, Sp. A selaku dokter spesialis anak, menjelaskan tanda-tanda yang dapat mengindikasikan bahwa anak terkena sembelit. Misalnya seperti anak merasa sakit atau nyeri saat BAB sehingga sering menunda ke kamar mandi, kelihatan meringis atau menyilangkan kaki seperti sedang menahan sesuatu, nafsu makan menjadi buruk, dan perut jadi kembung. Tinjanya pun keras dan ukurannya bisa sangat besar atau kecil.

“Sebagai orangtua, kita harus selalu memperhatikan perbedaan yang terjadi pada anak kita. Ketika anak sembelit, ada perubahan perilaku yang umumnya ditunjukkan,” ujar dr Wulan dalam siaran pers Le Mineral bertajuk “Mengetahui dan Mengatasi Sembelit pada Anak” 

dr. Wulan mengatakan ketika melihat si kecil menunjukkan gejala sembelit tersebut, orangtua tidak perlu panik karena sembelit dapat diatasi dengan memberikan cairan khusus atau obat pelunak tinja.

Namun penting bagi orang tua melakukan tindakan pencegahan, yaitu dengan melakukan pijatan di daerah perut, melakukan ragam aktivitas serta melakukan toilet training.

“Jangan lupa memperhatikan pola makan anak yang memiliki kandungan serat tinggi, dan yang terpenting adalah memperhatikan kecukupan asupan cairan dengan memenuhi kecukupan air mineral si kecil,” tambahnya.

Pengalaman Anissa Aziza menangani anak sembelit

Anissa Aziza, seorang moms influencer yang beberapa waktu lalu melahirkan anak keduanya menyampaikan jika sembelit itu susah-susah gampang mengatasinya.

 “Waktu anak kena sembelit itu jadi gampang rewel, apalagi anak-anak kan belum bisa ngomong apa yang mereka rasain. Tapi setelah belajar dari pengalaman anak pertama, aku selalu ambil langkah preventif dengan pastikan pola makan sehat buat anak-anak dan memberi asupan air minum yang cukup,” ujarnya.

Ia bersama sang suami pun selalu membiasakan anak-anak aktif bergerak, rajin makan buah-buahan, sayur-sayuran, dan yang paling penting itu rutin konsumsi air mineral supaya asupan cairannya cukup sehingga BAB lancar.

Anissa pun menambahkan, sebagai orang tua ia memastikan produk air mineral yang dikonsumsi harus yang berkualitas. Kemasannya sudah pasti harus yang terproteksi.

“Kemasan air mineral juga harus bebas BPA sehingga aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga,” paparnya.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Ciri-Ciri Bayi Sakit Perut yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
Balita Susah Buang Air Besar? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya