Sukses

Parenting

10 Daftar Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia Di Atas 6 Bulan

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah seharusnya mendapat makanan pendamping ASI. Tujannya agar anak bisa mulai mengenali beragam jenis makanan sekaligus mendapatkan nutrisi yang menunjang pertumbuhannya. Selain itu, makanan pendamping ASI juga berfungsi sebagai penambah berat badan bayi.

Meski sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI, tidak sedikit bayi yang kekurangan berat badan. Padahal jenis makanan yang dikonsumisnya sudah sesuai dengan asupan nutrisi seimbang. Sehingga penting bagi ibu untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi penambah berat badan bayi.

Dilansir dari berbagai sumber, Fimela telah merangkum sejumlah daftar makanan penambah berat badan bayi.

1. Brokoli

Brokoli yang kaya serat, folat, dan kalsium bisa dijadikan sebagai jenis makanan penambah berat badan bayi yang berusia di atas 6 bulan. Sajikan potongan kecil-kecil kemudian kukus hingga lembut.

2. Pisang

Pisang menjadi pilhan makanan yang mudah disajikan dan praktis dibawa ke mana-mana. Kandungan karbohidrat dan serat yang baik untuk kesehatan bayi. Pilih pisang yang matang dan haluskan atau potong dengan ukuran kecil-kecil.

 

3. Jeruk

Terkenal dengan buah yang kaya vitamin C, jeruk dipercaya dapat mendukung pertumbuhan tulang, pembentukan otot, dan jaringan tubuh lain. Vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan dan menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

4. Daging

Daging sapi, ikan, maupun ayam merupakan sumber protein, zat besi, zinc, dan omega 3. Ibu bisa mengganti secara bergilir menggunakan daging sapi, ikan, atau ayam agar anak tidak bosan.

5. Telur

Mencari pengganti daging sebagai sumber protein, ibu bisa memilih telur. Ia juga kaya akan kandungan zinc, folat, dan vitamin yang penting bagi pertumbuhan bayi. Kuning telur mengandung kolin dan omega-3 yang berperan membantu perkembangan otak bayi.

6. Apel

Selain memiliki rasa yang manis, apel menjadi buah yang memiliki kandungan quercetin untuk mendukung kecerdasan otak bayi. Kandungan ini juga mampu menjadi antioksidan kuat dan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

 

7. Kentang

Kaya akan karbohidrat, kentang bisa menjadi makanan penambah berat badan bayi. Selain itu, ada pula kandungan vitamin C, vitamin B10, fosfor dan mangan.

8. Kacang

Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan yang kaya zat besi dan protein. Sehingga cocok sebagai makanan penambah berat badan bayi. Kandungan seng di dalamnya bisa menambah kecerdasan bayi.

9. Alpukat

Kaya akan lemak sehat yang menunjang perkembangan otak, alpukat juga menjadi sumber kalori. Komposisi lemak dalam alpukat sama dengan ASI. Alpukat juga mengandung protein yang tinggi sebagai makanan penambah berat badan bayi.

10. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk perkembangan dan penglihatan bayi. Wortel dapat disajikan dengan cara dikukus matang, haluskan, dan dicampur dengan bubur bayi.

Simak video berikut ini

#elevate women

Loading