Sukses

Parenting

4 Cara Mengenalkan Puasa Pada Anak dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan telah tiba, tak ada salahnya mengajarkan si kecil untuk berpuasa. Walau anak-anak belum memasuki masa puber, orangtua bisa memperkenalkan puasa sedini mungkin agar mereka terbiasa.

Mengajarkan anak puasa penting, dikarenakan puasa bukanlah hal yang mudah karena harus menahan lapar dan haus selama seharian penuh. Tak hanya itu, anak pun harus tahu apa saja manfaat dan amalan puasa.

Untuk itu Fimela.com pun merangkun beberapa cara mengajarkan si kecil puasa.

1. Menjelaskan konsep puasa

Jelaskan pada anak tujuan puasa di bulan Ramadan, jelaskan secara mudah dan dapat dimengerti. Bisa melalui cerita, buku cerita, hingga video ilustrasi yang bisa mendukung orangtua untuk mengedukasi anaknya mengenai puasa.

Dalam penjelasannya tersebut, orangtua bisa membicarakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat puasa. Misalnya, tidak boleh makan dan minum, tidak boleh menangis, atau marah.

2. Memberikan Contoh Berpuasa pada anak

Setelah menjelaskan konsep berpuasa, orangtua juga bisa memberikan contoh. Hal ini akan membuat anak lebih mudah mempraktikkannya. Tentu anak akan bertanya mengapa tidak makan dan minum, mengapa makan harus saat magrib. Anak akan penasaran dan ingin mencobanya sendiri.

3. Jangan dipaksa lakukan bertahap

ketika melatih anak puasa, lakukan bertahap mulai dari berpuasa sampai waktu Zuhur. Jika si kecil dilihat kuat, lanjut sampai Asar.

Jika sudah mudah terlewati, barulah bisa berpuasa hingga magrib tiba.

4. Libatkan si kecil

Saat puasa, akan ada beberapa aktivitas yang dilakukan. Misalnya sahur, si kecil bisa mulai dibangunkan, lalu tanyakan mau makan apa agar ia semangat. Lalu ajak si kecil ngabuburit, siapkan berbagai kegiatan seru untuk mengisi waktu berbuka agar anak tetap semangat melanjutkan puasanya hingga Maghrib. 

Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak adalah memasak takjil bersama, membaca buku, menyiapakan makanan di atas meja, atau bermain bersama saudara bisa jadi kegiatan seru untuk mengisi waktu.

 

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengolah Sisa Makanan Lebaran jadi Masakan Lezat
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Lontong Sayur Buncis