Sukses

Parenting

Membaca Cerita Liburan Asyik Arai, Media Belajar di Rumah yang Seru Bersama Anak

Fimela.com, Jakarta Anak mulai bosan belajar di rumah karena tidak bertemu teman-temannya? Ibu bisa membantu anak dengan menyiapkan berbagai materi pembelajaran yang menarik, lho. Misalnya dengan membaca cerita atau dongeng edukatif yang nggak hanya menghibur, tapi juga punya banyak pembelajaran menarik yang mudah dipahami anak.

Salah satunya ajak anak membaca Cerita Liburan Istimewa Arai karya Shoba Dewey Chugani dan Ratna Kusuma Halim. Cerita yang juga ditampilkan dalam tayangan Belajar dari Rumah episode 72 dari Kemendikbud ini pastinya disukai anak-anak.

Belajar tentang Lahan Gambut Bersama Arai dan Rumbun

Dalam Cerita Liburan Istimewa Arai, dikisahkan Arai dan Rumbun merupakan sahabat yang sering bermain bersama. Tapi, suatu hari Rumbun jatuh sakit yang membuatnya tidak bisa bermain. Arai jelas merasa kehilangan, tapi kemudian ia memutuskan membuat anyaman purun sebagai hadiah kejutan untuk Rumbun.

Arai pun ikut ibu mencari purun di lahan gambut. Sayangnya, sejak lahan gambut menjadi perkebunan, mencari purun jadi lebih jauh dan sulit. Ada juga kasus kebakaran hutan di mana-mana yang menyebabkan banyak hewan kehilangan habitatnya.

Beragam Fungsi Lahan Gambut

Cerita Arai dan Rumbun ini mengajarkan bahwa lahan gambut itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Lahan gambut banyak ditemukan di Kalimantan Selatan, yang berupa dataran rendah berair yang terbuat dari timbunan materi organik seperti sisa pohon, tanaman, serta jasad hewan yang membusuk.

Lahan gambut ternyata punya banyak fungsi, lho. Mulai dari menjadi tempat cadangan air alam yang mencegah banjir dan kebakaran. Selanjutnya, lahan gambut juga merupakan habitat dari bermacam-macam tumbuhan, burung, dan serangga. Terakhir, lahan gambut bisa menjadi perangkap Co2 alami sehingga kualitas udara tetap terjaga. Bagaimana jika lahan gambut rusak? Ternyata bisa menyebabkan menghilangnya keanekaragaman flora dan fauna. Lahan gambut yang terbakar juga bisa mengakibatkan emisi karbon yang menjadi penyebab perubahan iklim global.

Mengenal Konsep Jaring-Jaring Makanan

Pelajaran menarik lainnya yang bisa didapatkan dari video Belajar dari Rumah episode 72 untuk kelas 5 SD adalah tentang jaring-jaring makanan. Ternyata, di sekitar kita ada peristiwa tentang makan dan dimakan antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, lho. Hal ini kemudian menyebabkan perpindahan energi.

Contohnya yang ada di sawah, padi dimakan tikus, tikus dimakan ular sawah, dan ular sawah dimakan elang. Proses ini disebut juga sebagai rantai makanan. Rantai makanan lainnya juga bisa terbentuk di sawah dengan melibatkan hewan-hewan dan tumbuhan yang saling berkaitan. Ilmuwan biasanya memperhatikan data banyaknya makhluk hidup dan posisi jaring-jaring makanan untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Menarik banget kan pembelajaran tentang lahan gambut dan jaring-jaring makanan yang ada dalam tayangan Belajar dari Rumah episode 72 yang dipersembahkan Kemendikbud? Yuk, tonton terus tayangan lainnya untuk siswa Kelas 5 SD, setiap Senin – Jumat jam 10.30 – 11.00 WIB hanya di TVRI. (*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Kerja Sama Negara ASEAN di Bidang Sosial Budaya, Yuk Bantu Anak Memahaminya
Artikel Selanjutnya
Sejarah Tak Melulu Membosankan, Yuk Belajar Sejarah ASEAN Dibantu Animasi Lucu