Sukses

Parenting

Aromaterapi Ternyata Bisa Bantu Mendekatkan Hubungan Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Tahukah sahabat Fimela jika bayi mulai mengasosiasikan aroma yang ia hirup dengan memorinya sejak ia masih berada dalam kandungan? 

Penelitian membuktikan, anak yang sering terpapar bau bawang putih sejak dalam kandungan menunjukkan rasa suka pada aroma tersebut setelah ia lahir. Karena ketika si kecil mencium aroma tersebut, otaknya mengasosiasikan aroma tersebut dengan rasa nyaman yang dirasakan ketika masih berada dalam kandungan ibu, hal ini juga terbukti pada proses pemberian ASI.

Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara aroma dan memori memang sangat kuat. Indera penciuman memang memainkan peranan yang penting terhadap emosi anak, hal ini tentunya akan berpengaruh pada proses bonding antara si bayi dengan ibunya, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Saat penglihatan bayi belum sempurna, ia mengandalkan indera penciuman untuk mengenali orang-orang terdekatnya. Ini sebabnya bayi lebih mudah tertidur atau tenang ketika berada dalam pelukan ibunya. Dengan mengenali aroma tubuh ibunya, ia merasa nyaman dan tenang mengetahui bahwa sang ibu ada di sampingnya.

Selain itu, ketika ibu berpelukan dengan bayi dan mencium aroma masing-masing, ibu dan bayi akan memproduksi hormon oksitosin. Yaitu hormon cinta yang akan membantu ibu menjalin ikatan lebih kuat dengan bayinya.

Aromaterapi memperkuat kedekatan

Hubungan antara indera penciuman dengan memori seseorang terjadi karena bagian otak yang memproses aroma adalah bagian dari sistem limbik, yaitu struktur otak yang sangat berhubungan dengan daya ingat seseorang. Karena itulah, aroma yang dikenali otak bisa menghadirkan memori tertentu yang berhubungan dengan aroma tersebut.

Coba ingat-ingat, aroma yang kita cium seringkali menghidupkan kembali kenangan seseorang di masa lalu yang diasosiasikan dengan aroma tersebut. Apalagi, aroma juga bisa mempengaruhi suasana hati seseorang, lho.

Lalu aromaterapi seperti apa yang bisa digunakan untuk memperkuat bonding dengan si kecil? Sipopo Kids Essential Oil bisa bermanfaat terhadap bonding ibu dan anak. 

Dengan aroma tertentu yang diformulasikan untuk menimbulkan  perasaan ceria, nyaman, hangat dan tenang yang akan dirasakan bayi saat ibu menggunakannya. Perasaan bahagia ini akan dihubungkan bayi dengan aroma harum yang menenangkan. 

Saksikan video menarik setelah ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading