Sukses

Parenting

Anak Tidak Suka Matematika? Siasati dengan 4 Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Matematika menjadi salah satu pelajaran yang ditakutkan oleh para siswa. Rumitnya perhitungan dari angka-angka hingga rumus-rumus yang mesti dipahami membuat pelajaran ini tidak sukai.

Kurangnya percaya diri menyelesaikan soal-soal pun menjadi faktor lainnya mengapa matematika kurang diminati. Maka tak ada salahnya jika sejak dini untuk mengajarkan si kecil matematika, ntah dengan mencarikan rumus yang mudah atau mendaftarkan anak kursus.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak tak lagi membenci matematika, simak ulasannya melansir themeasuredmom.com.

1. Mainkan game matematika

Banyak game mudah ditemukan di internet, carilah sesuai dengan umur si kecil. Seperti untuk balita gunakan balok untuk berhitung, ketika sudah lebih besar carilah game matematika yang lebih canggih lagi. Cara ini dapat menghilangkan stres karena matematika dan anak pun akan belajar dengan mudah.

2. Lakukan investigasi pada soal matematika

Cobalah beberapa investigasi matematika yang menyenangkan dengan anak-anak yang lebih kecil. Punya anak yang lebih tua? Cobalah beberapa permainan asah otak yang menyenangkan.

 

3. Tanya pertanyaan matematika dalam waktu yang tepat

Jika hanya menanyakan jawaban soal matematika (“Berapa 5 x 8?”), kalian membuat matematika menjadi satu dimensi. Ada lebih banyak matematika daripada operasi dasar.

Baiknya mengajukan pertanyaan yang bijaksana pada waktu mengerjakan pekerjaan rumah. Lalu tunjukkan benda konkret untuk memulai, seperti yang mereka alami saat bermain seperti bola, kelereng, mobil-mobilan dan sebagainya.

Untuk memahami matematika perlu ada penerapan dalam kehidupan sehari-hari, bisa melalui media gambar maupun elektronik sebagaimana fungsi media untuk membantu peserta didik dari hal yang abstrak ke hal yang konkret. Dan jangan bosan mengulang

4. Berikan motivasi dan kata positif

Orangtua dapat memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepada si kecil. Jangan sekali-kali mengatakan hal-hal kurang baik kepadanya, karena hal itu bisa membuat rasa percaya dirinya menjadi hilang. Jangan tunjukan jika matematika adalah pelajaran yang sulit, buat motivasi si kecil dengan mengatakan "kamu pasti bisa". Dan saat belajar, jangan sampai ada suasana tegang.

 

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Dua Bersaudara Berhasil Raih Lebih dari 12 Medali Olimpiade Matematika untuk Indonesia
Artikel Selanjutnya
Algoritma adalah Logika Perhitungan, Ketahui Ciri - Cirinya