Sukses

Parenting

Review Buku Prenatal Gentle Yoga

Fimela.com, Jakarta Menjalani kehamilan dan melahirkan merupakan pengalaman yang istimewa. Perjalanannya bisa menghadirkan banyak hal baru. Ada rasa bahagia sekaligus tak sabar untuk menanti kehadiran buah hati ke dunia. 

Hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa kehamilan dan melahirkan bisa memberi pengalaman yang traumatis bagi sebagian perempuan. Perubahan kondisi tubuh hingga bayangan rasa sakit yang dialami saat melahirkan bisa membuat para ibu atau calon ibu dilanda kecemasan. Kalau sudah cemas berlebihan, dampaknya bisa cukup berbahaya bagi kondisinya sendiri dan janin dalam kandungan.

"Melahirkan dengan nyaman, lancar, bahkan nikmat adalah impian semua wanita di dunia," itu sepenggal kalimat yang ada dalam buku Prenatal Gentle Yoga. Buku yang ditulis oleh penulis buku mega bestseller #BEBASTAKUT HAMIL DAN MELAHIRKAN ini memuat info penting dan lengkap mengenai proses yang perlu dilakukan untuk berhasil melakukan gentle  birth. Untuk bisa mendapatkan proses persalinan lembut yang minim trauma, baik bagi ibu maupun bayi, juga bagi ayah, keluarga, dan bidan atau dokter yang merawat tentu butuh sejumlah persiapan yang baik dan benar.

Prenatal Gentle Yoga

Judul: Prenatal Gentle Yoga: Kunci Melahirkan dengan Lancar, Aman, Nyaman, dan Minim Trauma

Penulis: Yesie Aprillia

Ilustrasi: Fahmi Assiddiqi dan Fahmi Fauzi

Perwajahan sampul: Suprianto

Perwajahan isi: Mulyono

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Persepsi umum orang tentang proses persalinan adalah sakit dan berisiko. Padahal sebenarnya, lewat gentle birth, Anda bisa mengalami proses persalinan yang lancar, aman, nyaman, dan minim trauma.

Agar proses gentle birth berjalan dengan lancar, Anda perlu berlatih prenatal gentle yoga yang dirancang khusus bagi ibu hamil. Latihan ini bermanfaat untuk mempersiapkan Anda secara fisik, mental, dan spiritual, di antaranya mengurangi morning sickness saat trimester pertama kehamilan, memperbaiki postur tubuh untuk menciptakan ruang yang maksimal bagi perkembangan janin di rahim, dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar hingga proses persalinan.

Prenatal Gentle Yoga: Kunci Melahirkan dengan Lancar, Aman, Nyaman, dan Minim Trauma dilengkapi dengan panduan gambar step-by-step agar Anda bisa melakukan latihan sendiri di rumah untuk menyiapkan proses kelahiran yang seaman dan senyaman mungkin bagi ibu dan bayi.

***

Untuk bisa mendapatkan gentle birth tidak bisa instan. Selain perlu memahami perubahan kondisi tubuh selama kehamilan, ada cara dan metode tertentu yang perlu dilakukan saat melakukan prenatal gentle yoga. Dalam buku ini, kita akan memahami lebih jauh tentang alasan dan penjelasan kenapa prenatal gentle yoga penting untuk dilakukan. Melakukan yoga untuk masa kehamilan jelas berbeda dari yoga pada umumnya. Ada sejumlah poin penting yang perlu diperhatikan. Gerakan-gerakan yoga yang dilakukan pun dirancang khusus untuk ibu hamil.

Dilengkapi dengan gambar dan intruksi jelas dan lengkap, kita bisa melakukan latihan sendiri di rumah untuk menyiapkan proses kelahiran yang aman dan nyaman. Selain itu, melalui buku ini kita pun mendapat banyak wawasan penting tentang perlunya orang-orang terdekat seperti suami untuk ikut terlibat dalam proses mempersiapkan gentle birth. Juga ada info rinci tentang beberapa hal wajib yang perlu diperhatikan sebelum dan selama melakukan yoga selama masa kehamilan. Bahkan ada beberapa pose yang bisa dilakukan di ruang bersalin untuk memperlancar prose kelahiran.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh para calon ibu, para calon ayah, dan siapa saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang gentle birth dan prenatal gentle yoga. Melalui buku ini, kita akan lebih yakin bahwa proses kehamilan hingga kelahiran bisa dijalani dengan aman, nyaman, dan tenang. 

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Ulasan Buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian
Artikel Selanjutnya
She Smells of Turmeric, Novel tentang Perempuan yang Mencari Jati Diri Indonesia