Sukses

Parenting

5 Cara Lindungi Privasi Anak di Internet

Fimela.com, Jakarta Era serba digital membuat banyak orang kehilangan privasi. Tak hanya orang dewasa saja, tapi kini, privasi anak juga semakin terancam. Akrab dengan penggunaan internet sejak dini membuat banyak anak kehilangan privasinya. Oleh sebab itu, bijak dalam berinternet sangat diperlukan. Kita sebagai orang dewasa juga wajib mengajarkan dan membantu melindungi anak untuk bijak berinternet. Lalu, bagaimana cara melindungi privasi anak agar sang buah hati senantiasa terlindungi? 

1. Mengajarkan tentang privasi

Sebagai orangtua, kita tidak bisa terus menjaga anak selama 24 jam, mengawasi setiap website yang ia buka, apapun yang ia akses di internet. Apalagi dengan kecakapan berinternet anak-anak masa kini, tentu yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi pemahaman tentang privasi dan keamanan berinternet, bermain media sosial, dan lain sebagainya.Berikan penjelasan kepada anak terhadap apa efeknya jika kita tidak melindungi privasi, dan apa yang harus dilakukan jika ada orang asing yang menghubungi? Dengan cara ini, maka si kecil paham akan alasan mengapa ia harus melindungi privasi dirinya.  

Melindungi privasi anak di internet

 2. Melindungi anak dengan cermat 

Sebagai orangtua, kita juga harus ikut melindunginya. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memantau aktivitas anak sehingga kita tahu apa yang diakses, siapa yang menghubungi, siapa yang melakukan komunikasi, dan lain sebagainya. 

3. Baca kebijakan privasi

Terpaut kebijakan privasi, wajib dibaca dengan cermat. Kebijakan tersebut menolong anak menguasai data apa yang dikumpulkan terpaut informasi anak kamu. Kebijakan meliputi gimana data tersebut digunakan serta dilindungi. Libatkan anak buat membaca dalam proses mengecek kebijakan pribadi serta pemberitahuan pengumpulan web website, game serta aplikasi yang mereka pakai buat berpikir tentang apa yang mereka ubah terpaut data individu serta apakah perihal itu proporsional.

Melindungi privasi anak di internet

4. Sesuaikan pengaturan privasi anak

Pengaturan pribadi tersebut berarti buat orang-orang dari seluruh umur, sebab data individu kerapkali dikumpulkan dengan metode yang tidak kita pikirkan tadinya. Kontrol orang tua sangat diperlukan buat membenarkan kalau kanak-kanak mengendalikan data individu yang dikumpulkan webcam, mikrofon, serta cookie, dan yang dikumpulkan oleh web website, aplikasi, dan permainan serta fitur lunak berbasis internet. Pengaturan pribadi bisa disesuaikan dengan pengaturan pribadi di account media sosial anak, sehingga cuma sahabat mereka yang bisa memandang gambar, pembaruan, serta data mereka.

5. Ajari anak berpikir sebelum membagikan data

Tujuan ini untuk memberitahukan kepada anak data apa saja yang boleh dibagikan dan kepada siapa saja data tersebut boleh dibagi. Data atau privasi Anak harus dijaga sekaligus untuk membiasakan diri. Mungkin saat ini masih belum tahu informasi tersebut boleh disebar atau tidak, mereka biasanya juga mengatakan hal dengan sebenar-benarnya.

 

 

 

 

 

 

#Elevate Women

Loading