Sukses

Parenting

Aplikasi Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Mempermudah Mendapatkan Berbagai Informasi

Fimela.com, Jakarta Data dari WHO menunjukkan bahwa, di Indonesia, sebanyak 177 orang ibu hamil mengalami risiko kematian dari 100.000 kelahiran pada tahun 2017. Sementara pada tahun 2015, sebanyak 13,2 persen bayi dilahirkan dalam keadaan meninggal pada tiap 1.000 kelahiran.

Data yang sama menyebutkan bahwa pada 2018, 12,7 persen dari 1.000 bayi yang lahir meninggal dalam masa neonatus atau neonatal. Adapun angka kematian balita pada tahun 2018 tercatat sebesar 25 persen per 1.000 kelahiran.

Angka risiko kematian tersebut dapat ditekan jika para ibu hamil memperhatikan asupan gizi dan pola hidup sehat selama masa kehamilan. dr. Agnes Mallipu, mengatakan masa kehamilan sampai dengan anak berusia dua tahun merupakan periode yang sangat membutuhkan perhatian khusus dalam rangka tumbuh kembang anak. Sayangnya, masih banyak calon ibu yang kurang menyadari hal tersebut.

“Banyak yang tidak menyadari bahwa masa kehamilan sampai dengan anak berusia dua tahun atau 1.000 hari pertama kehidupan adalah periode yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak," kata dr. Agnes Mallipu.

Untuk membantu para calon ibu tetap menjaga asupannya, Global Alliance For Improved Nutrition (GAIN), melalui program kerjasama perbaikan gizi masyarakat Kementerian Kesehatan – GAIN, menggandeng PT Agate International (AGATE) dan SALIENT untuk membangun dan mengembangkan sebuah aplikasi gim interaktif bernama Kimo. 

Aplikasi Kimo dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi terkini tentang gizi. Bahkan, kebiasaan konsultasi atau interaksi tatap muka yang kini terhalang oleh pandemi. Pemberlakuan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa kegiatan edukatif-interaktif untuk ibu hamil dan ibu dengan anak bawah dua tahun (BADUTA) seperti modul Emo Demo di Posyandu tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka.

"Sebagai respons terhadap situasi ini, GAIN berinisiatif menciptakan gim interaktif berbasis Android untuk tetap dapat menjangkau kaum ibu dalam memberikan informasi dan pemicuan perubahan perilaku agar selalu menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan, terlebih di masa pandemi ini," jelas dr. Agnes yang juga Acting Country Representative dari GAIN di Indonesia.

Sejalan dengan dr. Agnes, produser gim Kimo, Tedy Ardyan, berharap aplikasi gim interaktif ini dapat memberikan pembekalan bagi ibu hamil ataupun ibu dengan anak. Dengan begitu, pada calon ibu dapat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia.

"Melalui gim KIMO, Agate berharap bisa membantu pembekalan para calon orang tua di seluruh Indonesia, terutama ibu dan calon ibu, untuk dapat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia, serta membantu mendampingi orang tua secara virtual agar dapat mengasuh anak dengan baik hingga usia dua tahun,” kata Tedy Ardyan.

Meningkatkan kesadaran gizi ibu hamil

Gim ini bertujuan meningkatkan kesadaran sekaligus menstimulasi perubahan perilaku hidup sehat calon ibu agar lebih memperhatikan asupan gizi dan kesehatan selama masa kehamilan. Nama KIMO sendiri merupakan akronim dari Kids and Mom.

Gim ini dikembangkan dengan pendekatan "Self-determination Theory” yang bisa memotivasi ibu hamil untuk melakukan kebiasaan hidup sehat yang baru. Teori ini diadaptasi menjadi modul-modul dalam aplikasi KIMO.

Dengan memainkan gim yang sangat user friendly ini, para calon ibu secara sukarela meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya pola hidup sehat dan memperhatikan asupan gizi demi si buah hati.

Aplikasi dikemas dalam bahasa yang populer serta ilustrasi visual yang menarik sehingga sangat mudah diikuti oleh para calon ibu dari semua kalangan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengingat dan jurnal untuk mencatat setiap momen berharga ibu dan anak. Para pengguna gim pun diharapkan dapat memberi masukan untuk pengembangan aplikasi ini kedepannya.

“Sebagai organisasi nirlaba yang memiliki perhatian untuk membantu program perbaikan gizi masyarakat , GAIN berharap uji coba aplikasi ini dapat bermanfaat untuk membantu memberikan informasi, memicu perubahan perilaku ibu hamil untuk memperhatikan diri sendiri selama kehamilan, serta mengonsumsi makanan bergizi,” papar Tedy

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading