Sukses

Parenting

Di Usia Ini Ibu Hamil Pertama Kali Bisa Merasakan Tendangan Bayi

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan mungkin sudah sering mendengarkan cerita bahwa ketika hamil, maka akan merasakan tendangan bayi di dalam perut. Ada yang bilang tendangan ini menimbulkan rasa geli, sakit hingga mual dan tak bisa beraktivitas. Namun banyak juga yang merasa bahagia ketika tendangan ini terjadi.

Terlepas dari rasa sakit hingga bahagia yang dirasakan ibu hamil, sebenarnya kapankah kira-kira tendangan bayi di dalam perut ibu hamil bisa dirasakan?

Dilansir dari Webmd.com, perempuan hamil bisa merasakan tendangan bayi di dalam perutnya ketika memasuki usia kandungan 16 hingga 25 minggu.

Kapan tendangan bisa dirasakan?

Jika ini adalah kehamilan pertama, maka kamu mungkin baru bisa merasakan tendangan bayi di usia 25 minggu. Berbeda dengan perempuan yang sudah pernah hamil, mereka biasanya lebih sensitif dan sudah bisa merasakan pergerakan bayi di usia 13 minggu.

Umumnya pergerakan bayi atau tendangan bayi bisa dirasakan ketika ibu dalam posisi diam, berbaring atau duduk tenang antara jam 9 malam hingga jam 1 pagi. Disebutkan bahwa aktivitas ini disebabkan oleh perubahan kadar gula darah ibu.

Jadi tidak heran jika kemudian banyak perempuan sering merasakannya ketika akan tidur karena ternyata saat tenanglah bayi akan menunjukkan pergerakannya yang lincah.

Seberapa sering ibu hamil akan merasakannya? Di awal kehamilan, kemungkinan tendangan ini terasa sesekali saja. Namun seiring perkembangan janin, biasanya pada akhir trimester kedua, tendangannya akan terasa lebih kuat dan sering.

Meski terkadang tendangan bayi terasa keras dan kuat, namun momen ini seringkali jadi pengalaman berharga yang menakjubkan ya Moms.

#ElevateWoman with Fimela

PLAYLIST VIDEO 4 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi yang Perlu Diperhatikan demi Keamanan Persalinan
Artikel Selanjutnya
Memahami Induksi Persalinan untuk Merangsang Kontraksi Rahim, Lengkap Beserta Jenisnya