Sukses

Parenting

Tangkal COVID-19 pada Anak dengan Memperhatikan Kesehatan Saluran Cerna

Fimela.com, Jakarta Lonjakan kasus positif COVID-19 pada anak menjadi kewaspadaan dan perhatian khusus bagi orangtua. Data dari tim Gugus Tugas COVID-19 menyebut jumlah kasus positif COVID-19 pada anak mencapai 328ribu pada pertengahan Juli 2021.

Melihat kasus positif harian pada anak yang meningkat menunjukkan bahwa masih ada celah dalam penerapan protokol kesehatan di keluarga, sehingga memberi andil terjadinya penularan virus pada anak. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran sentral dalam melindungi anak dari COVID-19.

dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals mengingatkan setiap orang tua untuk terus menjalankan penerapan protokol kesehatan dan langkah-langkah pencegahan lainnya, agar semua anggota keluarga terhindar dari COVID-19. Orangtua juga harus lebih bijak dalam hal meningkatkan daya tubuh anak agar terlindungi dari virus dengan memperhatikan kesehatan saluran cerna anak.

Penelitian membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan. Hal ini terjadi karena saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik, yang pada akhirnya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

 

Berpusat di saluran cerna

“Semua berpusat di saluran cerna anak-anak. Jadi selain makanan hariannya yang dijaga gizinya, nutrisi tambahan juga perlu diberikan. Salah satu cara membantu orang tua memenuhi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya tetap optimal dan mampu memperkuat daya tahan tubuhnya adalah dengan memberikan susu formula yang dilengkapi AA, DHA untuk meningkatkan daya tangkap anak,“ kata dr. Muliaman.

Akan lebih baik jika kandungan susu formula juga sudah dilengkapi kandungan probiotik triple bifidus yaitu Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, dan Bifidobacterium infantis M-63 untuk mendukung sistem imun dan menjaga kesehatan saluran cerna anak

 

Kandungan yang penting

Lebih lanjut dr. Muliaman menyebut nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang berperan penting supaya sel-sel dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga kalau ada yang rusak bisa diperbaiki, termasuk sel-sel imun. Perhatikan juga nutrisi makro dan mikro pada anak, serta jadwalkan makan yang teratur yaitu 3x makan besar dan jam snacking.

Selain itu, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang mengandung sinergi probiotik dan prebiotik, serta vitamin C, D dan E sebagai penunjang daya tahan tubuh anak. Semua nutrisi ini bisa mendukung daya tahan tubuh anak sehingga mampu menangkal virus.

 

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
IDAI Khawatir PTM akan Berpotensi Meningkatkan Angka Kasus Baru COVID-19 pada Anak
Artikel Selanjutnya
Cegah Jutaan Warga dari Kemiskinan, Ini Kunci Sukses Indonesia Selama Pandemi