Sukses

Parenting

5 Cara Menjadi Orangtua Bahagia bersama Anak di Masa Pandemi Menurut Psikolog

Fimela.com, Jakarta Tak dipungkiri, selama pandemi berbagai permasalahan kerap terjadi di lingkungan keluarga, salah satunya adalah Parenting Burnout, kondisi yang dialami oleh orangtua ketika merasakan kondisi kelelahan secara fisik maupun pikiran. Namun kita harus menjaga anak agar mereka juga tidak stres.

Namun, bagaimana tips orangtua dalam mengelola parenting di masa pandemi? Psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi., yang juga Co-founder dari Tiga Generasi sekaligus Child and Family Psychologist mengatakan parental burnout adalah kelelahan yang dialami dalam menjalani peran pengasuhan anak baik secara fisik dan pikiran.

“Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana anak-anak mulai memasuki sekolah daring,” ujarnya dalam IG Live @hometowndairy.id Talkshow Happy at Home with Hometown Dairy.

Saskhya menambahkan, bahwa pilar Kesehatan pikiran kita tidak bisa dipisahkan dari pencernaan karena di pencernaan kbanyak sekali memproduksi bakteri baik untuk menentukan berpikir bagaimana, merasakan sesuatu, bahkan merasakan sebuah perilaku atau saat ini sering disebut dengn teori Gut-Brain Axis Connection. Bakteri baik dalam usus sangat baik untuk kesehatan dan ada koneksi atau hubungannya dengan otak kita.

Di usus manusia terdapat 90% hormon kecemasan diciptakan atau hormon yang bisa mebuat kita bahagia. “Makanya, usus ini kan isinya makanan dan minuman, perlu dimasukkan yang baik supaya mempengaruhi pikiran kita menjadi lebih baik dan mood kita terjaga. Ketika kita berbicara self-care dan self-love bukan selalu kita membicarakan yang kita senangi saja, tetapi hal-hal yang bermanfaat bagi tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, ketika kita makan dan minum harus dengan sesuatu yang alami dan prosesnya dengan baik sehingga kesehatan mental, fisik dan pikiran kita juga terjaga.” kata Saskhya.

Cara agar tetap bahagia

1. Social connection dengan anak, dengan pasangan, dengan siapapun supaya kita merasa tetap bermanaat.

2. Olahraga karena orang tua maupun anak tetap perlu bergerak

3. Filter social media atau berita dengan hal-hal yang kita batasj, yang mana dari ahli supaya kita tidak ketakutan terus-menerus dengan banyaknya informasi saat ini.

4. Supaya kita happy juga, isi gut (usus) kita dengan sesuatu yang bagus juga seperti susu segar. Kelola stres kita. Walaupun stres tidak bisa dihindari, tetapi kita bisa mengelola stres kita dengan lebih baik.

5. Jangan terpaku menjadi yang paling sempurna, tetapi beri ruang untuk diri kita dan keluarga kita untuk tumbuh dan belajar. Sempatkan waktu untuk memiliki Quality Time dengan anggota keluarga.

“Seperti anak-anak yang harus belajar daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias School from Home yang membuat para orang tua harus bekerja lebih ekstra sehingga terjadi kelelahan fisik maupun pikiran (parental burnout). Stres dan bosan di rumah saja juga kerap terjadi pada anak-anak. Di masa pandemi seperti sekarang ini, kebiasaan konsumsi makan makanan sehat dan bergizi menjadi penting terutama guna menambah imun bagi orang tua dan anak-anak.” ungkap Anjani Miranti, Marketing Hometown Dairy.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading