Sukses

Parenting

10 Makanan Pertama Terbaik untuk Bayi Saat MPASI

Fimela.com, Jakarta Menurut American Academy of Pediatrics, penting untuk menawarkan bayi beragam makanan sehat. Ada banyak makanan sehat dan baby-friendly di luar sana, tetapi ada 10 makanan bayi yang direkomendasikan oleh dokter dan ahli gizi.

Dari buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin hingga daging dan kacang-kacangan yang sarat dengan protein. 10 makanan ini penuh dengan nutrisi penting dengan harga terjangkau yang mudah disiapkan dan pastinya enak.

Berikut 10 makanan pertama untuk bayi yang disarankan menurut ahli melansir dari babycentre.com;

1. Alpukat

Buah-sayur bermentega ini kaya akan lemak tak jenuh yang sehat dan membantu meningkatkan perkembangan otak. Faktanya, komposisi lemak alpukat memiliki kemiripan dengan ASI. Kita bisa menyiapkan menu tunggal alpukat atau membuat baby guacamole.

 

2. Pisang

Dikenal sebagai sumber potasium yang baik, buah grab-and-go ini juga mengandung vitamin B6 dan C, serat, dan magnesium. Kita bisa membuat pure pisang dan mangga, atau smoothie pertama untuk si kecil, dengan menghaluskan pisang dan potongan buah persik ditambah yogurt susu murni.

 

Blueberry-Kacang-kacangan

3. Blueberry

Blueberry penuh dengan antioksidan. Warna biru dari buah ini berasal dari flavanoid yang mermanfaat untuk mata, otak, bahkan salurah kemih bayi. Kita bisa menyajikan blueberry yang ditumbuh atau blender dengan sesendok yogurt.

 

4. Brokoli

Sayuran silangan ini merupakan sumber nutrisi penting, termasuk serat, folat, dan kalsium. Perkenalkan bayi pada rasa brokoli sejak dini, yang membantu memperluat selera dan kecintaan pada sayuran hijau seumur hidupnya.

Kita bisa menyajikannya dengan mengukus brokoli sampai lunak lalu potong kecil-kecil agar anak bisa makan dengan aman.

 

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan polong-polongan mengandung banyak protein dan serat tanpa lemak. Tidak seperti kacang yang lebih besar, lentil kecil direbus menjadi bubut yang enak untuk bayi. Dan tentunya lentil jadi makanan sehat dan murah yang bisa kita sediakan untuk bayi.

 

 

Daging dan Plum

6. Daging

Kekurangan zat besi menyebabkan anemia. American Academy of Pediatrics merekomendasikan daging sebagai makanan pertama untuk sumber protein, sen, dan zat besi yang sangat baik. Terutama daging merah dan daging unggas berwarna gelap.

Bayi menyerap zat besi lebih mudah dari daging daripada sereal yang diperkaya zat besi dan makanan pertama yang umum lainnya.

 

7. Plum

Buah plum atau plum kering lembut, manis, serta penuh serat. Bayi mungkin menderita sembelit saat beralih ke makanan padat, karena perubahan besar bagi sistemnya. Tambahkan pure plum ke dalam makanannya untuk membantu pencernaan dam sistem tetap bergerak.

 

 

Ubi Jalar-Yogurt

8. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan pertama yang populer untuk bayi, ia cenderung menyukai rasa manis dan tekstrunya. SAyuran akar berwarna-warni ini dikemas dengan beta-karoten, vitamin C, dan mineral, termasuk zat besi dan tembaga.

 

9. Labu madu

Labu madu yang keras berwarna orange atau kuning memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kaya beta-karoten yang dikenal baik untuk mata. Labu juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

 

10. Yogurt

Yogurt krim kaya kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan giginya. Bayi siap mencerna yogurt pada usia 4 sampai 6 bulan, jauh sebelum ia siap menerima susu sapi. Pilih yogurt tawar tanpa tambahan gula.

#ELevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading