Sukses

Parenting

4 Cara Ampuh Atasi Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan Anak

Fimela.com, Jakarta Ikan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik dikonsumsi anak. Namun, seringkali anak mengalami tulang ikan yang tersangkut di tenggorokannya. Hal ini dikarenakan tulang ikan yang bentuknya kecil dan bisa terlepas kapan saja, dan secara tidak sengaja menyangkut di tenggorokan anak ketika sedang mengonsumsinya. 

Anak pasti akan merasa panik jika tiba-tiba tulang ikan tersangkut di tenggorokannya. Meski biasanya tidak menyakitkan, tetapi hal ini membuatnya tidak nyaman. 

Sebagai orangtua, kamu perlu mengenali gejala saat anak mengalami hal ini. Anak pastinya merasa tak nyaman, namun mereka sulit mengatakannya. Mereka biasanya merasakan sensasi tertusuk-tusuk di tenggorokan, rasa sakit dan nyeri di tenggorokan, kesulitan menelan, dan yang paling parah adalah memuntahkan darah. 

Jika hal ini terjadi pada anak, jangan coba merogohnya dengan jari karena duri ikan justru bisa masuk ataupun menusuk lebih dalam lagi sehingga jadi lebih susah keluar. 

Fimela.com telah merangkum 4 cara ampuh untuk mengatasi kondisi ini pada anak. Simak ulasan selengkapnya.

Makan Pisang dan Marshmallow

Kedua makanan ini dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan karena keduanya cukup ‘lengket’ untuk menyeret duri ikan keluar dari tenggorokan dan ikut masuk ke dalam perut. 

Untuk mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan, makan kedua makanan tersebut dengan ukuran besar. Lalu, kunyah hingga lembut selama sekitar 1 menit, kemudian telan sekaligus. Proses mengunyah yang lama dapat membantu mulut mengumpulkan saliva, agar bisa ikut membantu mendorong duri masuk ke perut. 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan pelumas alami. Berikan anak 1 atau 2 sdm minyak zaitun untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, minyak akan melapisi lapisan tenggorokan dan tulang sehingga lebih mudah bagi anak untuk menelan atau mengeluarkannya.

Batuk yang Kuat

Umumnya, duri ikan tersangkut tepat di belakang tenggorokan, dekat area tonsil (amandel), organ kecil yang berperan penting melawan infeksi. Cobalah beberapa kali batuk yang kuat sehingga bisa membantu mengeluarkan duri dari tenggorokan. 

Minum Soda

Meski minuman ini tidak sehat dan tinggi gula, tetapi minuman ini ternyata efektif untuk dijadikan pertolongan pertama pada kasus duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. 

Ketika masuk ke dalam perut, soda akan membuat perut mengeluarkan gas. Gas inilah yang berfungsi membantu melonggarkan tenggorokan sejenak dan memberi tekanan agar duri ikan bisa keluar. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading