Sukses

Parenting

6 Pilihan Mainan Untuk Stimulasi Kecerdasan Bayi 4 Bulan Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi berusia 4 bulan, berat badannya akan naik hingga dua kali lipat dari berat badan ketika ia lahir. Selain pertumbuhan fisik, si kecil juga mulai menunjukan perkembangan dalam kemampuan motoriknya, yakni berkomunikasi, berpikir, serta menunjukkan emosi. 

Di usia ini pula, bayi tampak mulai tertarik dengan lingkungan di sekitarnya, dan senang bermain dengan mainan atau benda lainnya. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa bermain dengan permainan yang tepat akan berperan penting dalam menumbuhkan kecerdasan bayi dan mendukung tumbuh kembang si kecil.

“Mainan bayi memberikan stimulasi untuk motorik anak. Dengan mainan-mainan itu bayi juga didorong untuk memiliki rasa ingin tahu yang kuat. Anak-anak yang bermain dengan mainan memiliki pondasi tumbuh kembang yang baik,” ujar Claire Lerner, yang merupakan seorang ahli tumbuh kembang anak dari Washington DC, Amerika Serikat.

Melansir laman webmd.com, Senin (4/10), berdasarkan rekomendasi dari Claire Lerner, terdapat 6 mainan yang bisa diberikan kepada bayi sejak usianya menginjak 4 bulan. Apa saja mainan tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Crib Mobile

Mainan crib mobile adalah mainan putar warna-wani yang tergantung di atas tempat tidur bayi. Tentunya, mainan ini adalah mainan pertama yang diberikan kepada bayi sejak dirinya lahir. 

Pilih mainan putar yang mudah digantungkan pada boks bayi. Cari pula crib mobile yang memiliki warna-warna kontras, serta memiliki fitur untuk bisa menyetel musik lembut. 

Buku Bayi

Buku merupakan salah satu barang yang efektif dan selalu dipercaya bisa menstimulasi kecerdasan bayi. Pilih buku khusus untuk bayi yang memiliki halaman dengan berbagai tekstur, terdapat gambar yang sederhana tetapi penuh warna, serta aman ketika dimasukkan ke mulut. 

Kamu juga bisa membuat rutinitas membacakan buku pada bayi agar kecerdasannya semakin terstimulasi.

Gelas Susun

Gelas susun atau nesting cups dengan warna yang beragam akan melatih rasa penasaran, serta mendorong pertumbuhan motorik kasar si kecil. Pada awalnya, ia akan mengetuk-ngetik, melempar, bahkan menggigit gelas-gelas tersebut. Namun, lama-kelamaan ia akan mencoba menyusunnya menjadi satu, sesuai dengan warnanya. 

Mainan Pop-Up

Mainan yang memiliki tombol dan memberi efek kejutan karena mengeluarkan suara, benda, ataupun keduanya akan membuat si kecil senang. Mainan seperti ini sangat baik untuk bayi karena mereka jadi belajar mengenai hubungan sebab dan akibat, sekaligus melatih ketangkasan dan sikap waspadanya.

Balok Bongkar Pasang

Sejak dilahirkan, bayi memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mainan bongkar pasang seperti Lego, akan menstimulasi banyak hal, terutama rasa penasarannya. Ia tak akan berhenti membongar, memasang, melempar, serta menggigit mainan-mainan tersebut.

Belilah lego dengan ukuran besar, sehingga tak akan membahayakan bayi (seperti tertelan) ketika mainan tersebut dimasukkan ke dalam mulut. Kelak, ia akan bisa menciptakan sesuatu dari balok-balok tersebut, dan berimajinasi dengan hasil yang telah ia buat. 

Alat Musik

Semua mainan yang mengeluarkan bunyi akan menarik perhatian bayi. Alat musik yang terbuat dari plastik, seperti marakas, drum kecil, piano mainan, ataupun gitar mainan sangat cocok untuk bayi, terutama dalam menstimulasi motorik kasar dan halusnya. 

Perkenalkan bayi pada variasi benda dan mainan bayi 4 bulan. Namun, jangan biarkan si kecil bermain sendirian, ya. Selalu awasi bayi ketika bermain untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Jika kamu masih bingung untuk memilih mainan yang aman untuk bayi di usia 4 bulan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk menanyakan mainan apa saja yang aman dimainkan oleh si kecil. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana Untuk Stimulasi Kecerdasan Bayi Rekomendasi Ahli
Artikel Selanjutnya
60 Nama Unik Bayi Perempuan yang Artinya Cantik, Cerdas, dan Beruntung