Sukses

Parenting

6 Ciri Bayi Cerdas yang Dapat Terlihat di Usia 4 Bulan, Mulai Meniru Suara

Fimela.com, Jakarta Memiliki bayi cerdas tentu dambaan setiap orangtua. Bahkan, orangtua mengupayakan berbagai cara agar buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Seperti misalnya memastikan asupan gizi yang seimbang, melatih bayi berbicara, hingga mengajaknya bermain untuk melatih kemampuan motorik halusnya.

Namun, tahukah kamu bahwa kecerdasan anak bisa dilihat sejak dini. Bahkan di usianya yang menginjak 4 bulan. Lantas apa ciri-ciri bayi cerdas di usia 4 bulan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut selengkapnya.

 

1. Mulai meniru suara

Bayi 4 bulan umumnya sudah mulai berceloteh satu hingga dua patah kata, seperti ‘ma-ma’ atau ‘pa-pa. Namun, bayi cerdas usia 4 bulan akan mulai bisa menirukan suara orang lain hanya dengan melihat bagaimana pergerakan mulut dari orang yang berbicara itu.

2.  Memiliki ingatan yang kuat

Dr. Han Ren, Ph.D. , seorang psikolog berlisensi mengungkapkan salah satu ciri bayi cerdas lainnya adalah mereka memiliki ingatan yang kuat. “Memiliki ingatan yang detail adalah tanda awal kecerdasan,” ujarnya dikutip Romper.

Kemampuan mengingat itu dapat sesederhana seperti ingat di mana mainan mereka disembunyikan atau dengan cepat mengenali wajah orang lain.

 

3. Dapat mendorong dengan kakinya

Bayi yang sudah mulai bisa menendang dan mendorong benda dengan menggunakan kekuatan kaki di usia 4 bulan, bisa menjadi pertanda bayi cerdas. Misalnya, mereka mulai menendang barang atau mainan yang ada di sekitarnya menggunakan kakinya.

Jika bayi telah menunjukkan tanda seperti ini, maka mereka adalah bayi yang memiliki perkembangan yang cepat, dan termasuk bayi yang cerdas.

4.  Kebutuhan tidur lebih rendah

Bayi umumnya memiliki kebutuhan tidur lebih tinggi. Namun, pada bayi cerdas mereka justru tidur sebentar dan tidak mudah mengantuk.

Dr. Deborah L.Ruf, seorang konsultan pendidikan, mengatakan kepada The Huffington Post bahwa bayi cerdas hanya tidur sebentar dikarenakan otak mereka sangat terstimulasi. Sehingga mereka cenderung sulit tidur.

 

5. Tengkurap dan mengangkat dada

Bayi berkembang secara pesat terutama perkembangan fisik pada bayi yang berusia 4 bulan. Bayi yang cerdas sudah bisa membalikkan badan mereka. Mereka bisa membalikkan badan mereka dari posisi telentang ke tengkurap, begitupun sebaliknya. Mereka juga bisa menegakkan kaki dan tangan mereka. 

Hal inilah yang menunjukkan bahwa tubuh mereka sudah semakin kuat. Gerakan ini juga bisa membantu untuk memperkuat leher dan kepala karena sebentar lagi mereka akan belajar bagaimana caranya untuk duduk.

6.  Bisa meniru ekspresi orang lain

Ciri bayi cerdas usia 4 bulan lainnya adalah mereka sudah bisa menirukan bagaimana ekspresi orang lain. Mereka sudah tahu bagaimana meniru ekspresi orang dengan baik, berkembang daripada usia sebelumnya.

Mereka bisa meniru ekspresi orang-orang disekitarnya ketika sedang tersenyum, tertawa, maupun cemberut.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading