Sukses

Parenting

11 Cara Mengajarkan Anak Menulis Angka yang Mudah dan Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Anak-anak kebanyakan merasa sulit untuk menulis angka saat guru atau orangtua mereka mengajarinya. Fungsi angka sendiri sangat penting terutama dalam matematika.

Penting untuk menghafal dan menuliskannya dengan benar dan menancap dalam ingatan. Berikut 11 cara menyenangkan mengajari anak belajar menulis angka dengan lebih muda melansir dari therealschool.in;

1. Menulis di pasir

Metode menulis di pasir sudah digunakan sejak zaman dulu baik abjad atau angka. Namun jika ditelisik, kita akan menemukan kesenangan terutama bagi anak-anak.

Mereka akan lebih memahaminya dengan cara yang fun. Tak perlu ke pantai, cobalah membuat papan tulis dari baki yang diisi pasir, pastinya membuat anak bersemangat belajar dan selalu ditunggu.

 

 

2. Permainan

Mencari alat bantu seperti permainan menjadi salah satu yang terbaik. Penelitian membuktikan jika belajar dengan cara melibatkan permainan selama beberapa jam membantu mereka mengingatnya sepanjang hidup.

Sekarang kita dapat mengunduh banyak permainan yang disediakan oleh play store. Atau permainan edukasi lain yang mengajarkan tentang angka.

 

3. Pembelajaran lisan

Tahapan ini menjadi bagian penting untuk belajar angka. Orangtua meminta anak-anak menghafalkan angka secara teratur yang akan membantu mereka mengingatnya dengan baik. Serta memberi mereka kepercayaan diri.

 

 

4. Belajar lewat lagu

Saat kita dewasa, mungkin baru menyadari jika ingatan tentang lagu yang dipelajari saat masih kecil ternyata terus melekat. Hal yang sama dapat dilakukan dalam hal pengajarang bilangan. 

Cobalah mengajarinya angka-angka lewat lagu. Dan biarkan mereka mempelajari dan mengingatkanya secara permanen.

 

5. Memecahkan teka-teki angka

Kita bisa membeli puzzle dan membantu anak-anak menyelesaikannya. Ini akan membuat anak-anak tetap terlibat dan mereka akan belajar tentang angka dan memainkannya seperti games.

 

 

6. Poster bernomor

Jika kita ingin anak memahami dengan baik, bisa juga membeli poster angka dan menempelkannya di kamar anak. Ini akan membantunya mengingat tentang angka dan mempelajarinya lebih dalam.

 

7. Menghitung objek

Ini adalah salah satu cara termudah utuk menunjukkan pada anak cara belajar angka. Kita dapat memintanya untuk menghitung benda-benda di rumah, seperti baju, botol, gelas, dan lain-lain.

 

 

8. Menulis angka di lantai

Permainan melompat di mana angka-angka ditulis di lantai juga sangat menyenangkan untuk dicoba. Game ini dimainkan di seluruh dunia dan anak-anak suka bermain berkelompok.

Para peneliti menemukan jika anak-anak yang bermain dan belajar dengan keluarga dan teman-teman membuat hal sulit jadi lebih mudah. Setelahnya, pasti anak akan mudah mengikuti ujian matematikanya.

 

9. Kartu

Kita semua tahu tentang permainan di mana ada empat jenis kartu dan di atasnya tertulis angka. Minta anak untuk mencocokkan kartu dengan angka yang sama.

Memang cukup rumit, tapi semakin otak berpikir dan bekerja, semakin mudah bagi anak-anak untuk mempelajarinya dengan benar.

 

 

10. Menghitung benda yang terlihat serupa

Saat anak-anak mulai menghitung benda dengan cara yang sama, hal itu membuat pikiran mereka lebih aktif dan lebih terlibat dalam mempelajari angka. Misalnya, minta anak untuk menghitung pakaian yang mirip. Jenis kegiatan ini dilakukan oleh orangtua dan guru di seluruh dunia untuk memudahkan anak-anak belajar tentang strategi angka.

 

11. Permainan Mat

Pada jenis permainan ini, anak diberi sebua mat yang di atasnya tertulis sebuah angka. Anak-anak harus menjaga setiap potongan mat dengan benar sesuai dengan angka yang diberikan.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading