Sukses

Parenting

6 Hal Kecil yang Bisa Kita Lakukan Tiap Hari untuk Melatih Anak Lebih Mandiri

 

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua ingin anaknya menjadi mandiri, namun hal itu tak selalu mudah dijalani. Salah satu kendalanya bisa jadi insting kita sebagai orangtua ingin memberi kemudahan bagi mereka, menyelamatkan dari kesalahan, atau membatasi pengalaman dengan perjuangan atau kegagalan.

Parents.com menulis jika dbutuhkan waktu dan upaya dalam membuat anak lebih mandiri, namun imbalannya sangat berharga. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari untuk membantu anak menjadi lebih mandiri.

1. Biarkan mereka membuat kesalahan

Mungkin ini tampak berlawanan dengan intuisi orangtua pada awalnya, namun membiarkan anak membuat kesalahan akan mengajari mereka cara untuk berhasil dalam hidup. Saat mereka membuat kesalahan, beri tahu hal tersebut tidak apa-apa dan bantu melakukan brainstorming bagaimana melakukan lebih baik lagi di lain waktu.

Seperti memilih tidak membawa payung saat ramalan cuaca mengatakan hujan, hingga kesalahan lebih besar seperti gagal ujian karena memutuskan untuk belajar hingga menunggu malam hari. Jika kita fokus mengahari bahwa kegagalan mereka bisa diperbaiki, akan membantu mengembangkan pola pikirnya.

 

 

2. Melibatkan dalam tugas rumah tangga

Cobalah untuk melibatkan anak dalam melakukan tugas-tugas kecil, seperti membereskan mainan setelah bermain, menyiangi bahan makanan, atau merapikan kamar. Pastikan memberi tugas sesuai usianya. 

Anak-anak jauh lebih bersedia membantu saat merasa berkontribusi pada pekerjaan rumah tangga. Misalnya, jika ada cucian menumpuk, tanyakan apa yang harus dilakukan? Dengan begitu mereka akan merasa diberdayakan dan akhirnya sampai pada titik bisa mencuci pakaian.

 

 

3. Menawarkan pilihan dan kebebasan dalam batasan

Menawarkan kebebasan dan membiarkan anak-anak membuat pilihan adalah cara yang tepat untuk memberdayakan mereka, membangun kepercayaan dalam keterampilan mengambil keputusan, dan membantu membangun rasa tanggung jawab. Saat anak-anak dapat membuat pilihan mreka sendiri, ada peluang yang lebih signifikan bagi mereka untuk mengalami konsekuensi.

Memberi banyak kesempatan pada anak-anak untuk membuat pilihan mereka sendiri adalah salah satu cara otangtua dapat menunjukkan kepada anak-anak bahwa preferensi, keinginan, dan kebutuhan mereka dihargai. Semakin banyak berlatih membuat pilihan untuk diri sendiri, semakin baik.

Seperti bertanya lebih suka ke taman bermain atau mendaki? Coba menawarkan dua atau tiga opsi yang dirasanya nyaman dan katakanlah "ya" untuk opsi apa pun yang mereka pilih.

 

 

Beri Ruang

Anak-anak membutuhkan ruang untuk belajar dan berkembang. Mereka tidak mungkin menjadi lebih mandiri saat tidak memiliki kesempatan untuk benar-benar mandiri.

Seperti kesempatan mengeksplorasi tanpa terlalu diawasi. Misalnya saat bermain di ruangan rumah lain, biarkan mereka bebas tanpa terlalu mengeceknya namun tetap berhati-hati. Biarkan mereka jalan sedikit di depan kita, beri kesempatan untuk memesan makanan sendiri dan membayar makanannya sambil tetap dipantau.

 

 

Hindari mengoreksi berlebihan

Misalnya jika kita meminta anak merapikan tempat tidurnya namun tidak sempurna, tahan keinginan untuk membantu memperbaikinya. Selalu berusaha untuk mengingatkan jika kesempurnaan bukanlah tujuan.

Tujuan adalah memungkinkan si kecil mengambil tanggung jawab. Mereka tidak akan mau terus mencoba jika setiap kali melakukannya, kita mengoreksinya.

 

 

Rancang ruangan dengan kemandirian dalam pikiran

Bagaimana kita mengatur ruangan akan mempengaruhi anak untuk berlatih mandiri. Apakah dia mampu meraih cangkir piring, garpu, dan dispenser saat mengisi ulang minumannya? Apakah mereka bisa membawa pakaian ke ruang cuci? Atau akses cuci tangan di wastafel tanpa bantuan. 

Pikirkan tentang cara kita meningkatkan peluang anak untuk melakukan sesuatu secara mandiri. Semisal menambah pengait setinggi mata untuk menggantung ransel, atau menyimpan bangku kecil di dekat daput untuk mengambil snack tanpa bantuan.

Semakin banyak yang kita lakukan untuk mereka, semakin sedikit yang harus mereka lakukan untuk dirinya sendiri. Sebab kunci untuk membantu anak-anak menjadi lebih mandiri adalah dengan secara aktif dan percaya diri membiarkan mereka mandiri.

#Elevate Women 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana Untuk Stimulasi Kecerdasan Bayi Rekomendasi Ahli
Artikel Selanjutnya
Lakukan 6 Aktivitas Ini untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik dan Sensorik Anak