Sukses

Parenting

Berdasarkan Penelitian, Kecerdasan Seorang Anak Diturunkan dari Ibu

Fimela.com, Jakarta Salah satu pertanyaan paling menarik saat membesarkan seorang anak adalah ketika mencari kemiripan anak dengan orangtuanya. Mulai dari mata hingga rambut dan kebiasaan anak kemungkinan mewarisi salah satu orangtuanya.

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com (29/10), penelitian telah membuktikan bahwa satu sifat tertentu, seperti kecerdasan anak biasanya diwariskan oleh pihak ibu. Pensaran dengan faktanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Menurut Studi

Ingat, bahwa tugas seorang ibu adalah mendidik seluruh anggota keluarganya. Ya, pernyataan ini memang benar. Salah satu studi menunjukkan bahwa khususnya kecerdasan seorang anak diwarisi dari satu orangtua, yakni ibu.

Studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Psychology Spot ini berawal dari survei sampel yang dilakukan pada tahun 1994, di mana hampir 12.686 orang, diwawancarai dan ditanyai tentang beberapa faktor termasuk ras, tingkat pendidikan, status sosial dan ekonomi. Setelah dianalisis, terlihat bahwa gen kecerdasan itu terkait dengan kromosom X, yang merupakan kromosom utama perempuan.

Faktanya, studi lain yang berkorelasi, terkait dengan studi berbasis 1994 menemukan bahwa perempuan, karena mereka memiliki dua kali jumlah kromosom X, lebih mungkin untuk mewariskan gen kecerdasan kepada anak-anak mereka.

Genetika dari sisi ibu menentukan seberapa cerdas atau pintarnya seorang anak, dan gen ayah membuat sedikit perbedaan dalam mengasah kecerdasan anak.

Para ahli juga mengatakan bahwa karena, di sebagian besar budaya, ibu berperan sebagai pengasuh utama, apa yang mereka lakukan dan asuh memengaruhi pembentukan otak anak-anak mereka selama tahap perkembangan kritis mereka.

Apa Peran yang Dimainkan Ayah?

Ibu mungkin memiliki peran yang lebih besar untuk membuat anak-anak mereka pintar, tetapi itu tidak berarti bahwa ayah tidak melakukan apa-apa.

Kecerdasan adalah konsep yang luas dan secara keseluruhan dipengaruhi oleh banyak faktor. Menurut sains, 40-60% dari kecerdasan yang kita peroleh jelas merupakan hal yang turun temurun, tetapi sisanya ditentukan oleh faktor lingkungan tertentu yang berperan, termasuk seberapa baik hubungan emosional orangtua dengan anak.

Tidak ada keraguan bahwa memiliki orangtua yang aktif dan terhubung membantu anak tumbuh secara emosional. Faktanya, memiliki orangtua yang aktif secara emosional mempengaruhi kecerdasan anak, kecerdasan kognitif, kepribadian dan pemikiran rasional.

Oleh karena itu, selalu baik jika Mom dapat mempertahankan atau berbagi hubungan yang kuat secara emosional dengan anak.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading