Sukses

Parenting

Dorong Buah Hati Bermain sambil Belajar dengan Rangkaian Game Anak Cerdas Akal Interaktif

Fimela.com, Jakarta Belajar mungkin adalah salah satu kata yang membuat anak merasa terbebani ketika mendengarnya. Padahal nyatanya, belajar tak selamanya membosankan, loh. Dengan metode-metode tepat, belajar bisa menjadi hal yang menyenangkan. 

Anak-anak biasanya belajar dari permainan-permainan sederhana yang ia lakukan sehari-hari. Di era teknologi seperti sekarang ini, permainan anak cerdas juga bergeser menjadi berbasis teknologi, khususnya permainan yang bisa diakses dengan internet melalui komputer atau gadget mereka. 

Pandemi membuat anak juga menjadi lebih aktif secara teknologi karena semua pembelajaran dilakukan secara daring. Tak selalu berdampak buruk, orangtua bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendorong anak untuk bisa bermain sambil belajar lewat aplikasi edukatif yang tersedia pula secara daring. 

Salah satu aplikasi edukasi lokal yang bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat anak bermain sambil belajar selama di rumah saja adalah Games Anak Cerdas Akal Interaktif. 

Fimela.com telah menghimpun informasi terkait rangkaian games Anak Cerdas Akal Interaktif dari situs resmi Akalinteraktif.com, pada Jumat (29/10). Berikut ulasan selengkapnya. 

Menggunakan Metode Game-based Learning

Games Anak Cerdas Akal Interaktif merupakan rangkaian permainan daring yang ditujukan untuk para anak mulai dari usia balita hingga umur dua belas tahun atau setara kelas 6 SD.

Rangkaian games ini menyediakan beragam materi mulai dari pelajaran di sekolah, pelatihan baca-tulis-hitung (calistung), hingga pengetahuan terkait emosional anak. 

Diketahui, Akalinteraktif.com sudah berdiri sejak 18 tahun yang lalu, tepatnya pada 2003 dalam mengembangkan permainan edukasi berbasis digital, dan menyediakan materi-materi pembelajaran yang berbasis metode game-based learning.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tracy Sitzmani tentang game-based learning pada tahun 2011, metode pembelajaran dengan cara ini memiliki beberapa keuntungan, di antaranya 20% membuat anak menjadi lebih percaya diri, 11% membuat anak lebih memahami konsep, dan 90% efektivitas dalam retensi pengetahuan dari materi yang dipelajari. 

Tersedia dalam Beragam Pelajaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Akal Interaktif merupakan sarana pembelajaran dengan metode game-based learning dan membuat rangkaian games ini dengan menyediakan beragam materi pembelajaran. 

Meski berbayar, kamu tetap bisa menikmati dan mengunduh setiap games pembelajaran yang tersedia. Melansir laman resminya, harga untuk berlangganan pun sangat terjangkau, yakni Rp 10 ribu per bulan untuk setiap anak dan bebas akses ke semua games. 

Terdapat games tentang matematika, calistung, IPA, bahasa inggris, agama islam, kecerdasan emosi, hingga pengetahuan umum yang bisa diakses dalam satu bulan berlangganan. 

Selain itu, Akalinteraktif.com yang bisa diakses dengan alat apapun (komputer, laptop, ataupun gadget) ini juga memiliki berbagai fitur yang variatif, yang juga membantu orangtua ataupun pengajar untuk bisa memantau perkembangan anak. 

Terdapat bank soal untuk beragam pelajaran yang bisa dikerjakan, rekapan absen atau kehadiran, catatan penilaian, serta kuis-kuis kecil yang bisa dikerjakan oleh anak secara gratis. 

Pada intinya, Akalinteraktif.com hadir untuk membantu orangtua yang kesulitan untuk mengajari anak dalam pembelajaran di sekolah karena metode game-based learning yang disediakan oleh Akal Interaktif ini akan mempermudah pemahaman untuk anak terutama dalam segi bermain sambil belajar. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading