Sukses

Parenting

5 Penyebab ASI Berkurang yang Perlu Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Jumlah ASI dapat dihasilkan oleh seorang perempuan setelah melahirkan, tergantung pada berbagai faktor. Namun beberapa tidak sesuai dengan jumlah ASI yang dikeluarkan.

Jika kamu mengalamai ASI berkurang dan kesulitan, mungkin terdapat beberapa faktor umum menjadi penyebabnya. Mulai dari obat-obatan tertentu hingga gangguan hormone.

Dengan mengetahui penyebab berkurangnya produksi ASI, mungkin ibu perlu mengetahuinya. Nah untuk itu di bawa ini adalah beberapa penjelasan mengenai penyebab ASI berkurang:

1. Stress atau Cemas

Selanjutnya jika kamu merasa stress maka hal inilah yang dapat menjadi penyebab umum kurangnya pemasokan ASI, terutama dalam beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Selain itu hal ini juga faktor dari kurang tidur dan menyesuaikan jadwal bayi, peningkatan kadar hormone tertentu seperti kortisol juga dapat mengurangi suplai ASI.

2. Makan atu Minum terlalu Sedikit

Biasanya setelah melahirkan kita akan tergoda untuk melakukan diet atau menurunkan berat badan secara ekstrim. Meskipun diet sehat itu baik namun kamu juga perlu memperhatikan asupan kalori.

Kamu juga dapat makan camilan sehat seperti, apel, selai kacang, diantara waktu setelah makan untuk menuntup kesenjangan kalori. Hidrasi yang memadi juga pengting untuk produksi ASI. Jumlah cairan yang masuk dalam tubuh juga mempengaruhi seberapa banyak ASI yang dapat dihasilkan.

3. Sakit

Walaupun hanya terkena serangan virus seperti, flu, pilek, atau virus perut tidak akan mengurangi suplai ASI. Akan tetapi jika terkena gejala seperti kelelahan, diare, muntah, atau penurunan nafsu makan hal inilah yang justru dapat membuat suplai ASI berkurang.

4. Gaya Hidup

Ternyata gaya hidup juga dapat mengurangi suplai ASI. Seperti halnya kamu menyukai kafein atau bahkan minum alkohol sesekali. Ternyata hal ini dapat mempengarui suplai ASI.

Mengonsumsi banyak kafein, minuman bersoda, teh, dan soklat boleh kamu konsumsi namun dalam jumlah sedang. Jika kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah besar dapat membuat tubuh dehidrasi dan menurunkan suplai ASI.

5. Obat-Obatan

Banyak obat-obatan yang aman dikonsumsi saat kamu sedang menyusui, tetapi juga ada beberapa obat-obatan yang mungkin akan membuat suplai ASI kamu menurun.

Nah itulah beberapa penyebab ASI berkurang yang perlu Ibu tahu. Hal ini tentunya dapat membuat kamu stress, namun jika kamu stress justru akan memperburuk suplai ASI. Lebih baik untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang diajurkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading