Sukses

Parenting

Apakah Kamu Hamil? Ini Ciri-Ciri Umum Tanda Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Tanda-tanda awal kehamilan yang dialami para perempuan dapat bervariasi. Ada yang merasakan perubahan tubuhnya dengan cepat atau mungkin ada yang tidak mengetahui karena tidak merasakan gejala sama sekali.

Namun ada beberapa tanda awal kehamilan yang umum dialami para perempuan. Berikut beberapa ciri-ciri hamil melansir dari clevelandclinic.org;

1. Telat mensturasi

Tanda kehamilan paling umum dan jelas adalah mensturasi yang sudah terlewat. Setelah pembuahan terjadi, tubuh kita menghasilkan hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim. '

Ini berarti siklus kita telah berhenti dan tidak akan mengalami menstruasi sampai bayi lahir. Namun telat haid tidak selalu merupakan tanda kehamilan, bisa jadi penyebabnya karena stres, olahraga berlebihan, diet, sampai ketidakseimbangan hormon dan faktor lain yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.

 

 

Makin sering ke kamar mandi

Bahkan biasanya sebelum melewatkan menstruasi, kita menyadari jika buang air lebih sering. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki lebih banyak darah dari sebelumnya.

Selama kehamilan, suplai darah tubuh meningkat. Ginjal menyaring darah dan membuang limbah ekstra lewat urine. Semakin banyak darah dalam tubuh, semakin banyak harus buang air kecil.

 

 

Merasa kelelahan

Banyak perempuan merasa sangat lelah di awal kehamilan. Tanda kehamilan ini terjadi karena tingginya kadar progesteron.

Sama halnya dengan gejala awal kehamilan lainnya, kelelahan cenderung membaik pada trimester kedua. Namun akan kembali lagi pada trimester ketiga bagi banyak perempuan.

 

 

Morning sick (juga siang dan malam)

Terlepas dari namanya, gejala kehamilan ini dapat terjadi kapan saja, baik pagi, siang, atau malam. Biasanya terjadi dua minggu setelah kehamilan atau dimulai beberapa bulan setelah pembuahan.

Tidak semua perempuan juga mengalami mual dan ada berbagai tingkatan rasa kemualan. Dan kita dapat mengalami mual tanpa muntah.

 

 

Payudara sakit dan membesar

Rasa sakitnya mungkin mirip dengan yang dirasakan payudara sebelum menstruasi, hanya lebih dari itu. Begitu juga puting yang biasanya menggelap dan membesar. 

Rasa sakit ini bersifat sementara dan memudar setelah tubuh terbiasa dengan peningkatan hormon. Kita juga bisa melihat payudara membesar dan bra lebih kencang dari biasanya.

#ElevateWomen 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mengatasi Gampang Menangis selama Hamil
Artikel Selanjutnya
Alasan Perempuan Hamil Sering Menangis di Tiap Trimester

Live Streaming

Powered by