Sukses

Parenting

9 Cara Perawatan Kulit Menggelap Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Selain selulit, area tubuh dan wajah juga menggelap selama kehamilan dan biasanya masih terjadi setelah melahirkan. Biasanya terjadi pada lipatan-lipatan seperti leher, kaki, ketiak hingga tangan.

Perubahan pigmentasi di wajah tersebut disebut chloasma, atau melasma. Garis gelap yang mengalir di perut selama kehamilan disebut linea nigra.

Bercak yang lebih gelap ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon kehamilan di tubuh ibu hamil, yang menurun setelah melahirkan. Bercak coklat akan menjadi kurang jelas, meskipun beberapa mungkin tidak pernah hilang sepenuhnya.

Mungkin saja pigmentasi kulit terjadi di keluarga. Jika memiliki kulit coklat muda, terutama jika asal keluarga adalah Hispanik atau Asia, mungkin lebih rentan untuk mengembangkan bercak berpigmen.

“Ini sering dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon tertentu selama kehamilan seperti estrogen, progesteron, dan hormon perangsang melanosit," ujar dr. Rana Choudhary, dikutip dari MomJunction.

Meski bercak hitam di tubuh yang menggelap selama kehamilan akan berangsur-angsur memudar dalam beberapa bulan setelah kelahiran bayi. Namun, ada beberapa cara agar kulit tidak terlalu gelap. Berikut ulasannya, melansir babycentre.co.uk.

1. Menjauhi sinar matahari

Cobalah untuk menjauhkan wajah dari sinar matahari, karena paparan sinar matahari akan membuat bercak lebih gelap.Jika berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 10 menit atau lebih, kenakan topi, tutupi dan gunakan tabir surya.

2. Menggunakan krim anjuran dokter

Jika bercak hitam tak kunjung pudar dalam waktu satu tahun, ibu dapat mengunjungi dokter kulit.  Dokter kulit mungkin menyarankan agar mencoba menggunakan krim pada bagian kulit yang lebih gelap.

Krim yang mengandung tiga jenis bahan (krim kombinasi tiga kali lipat) mungkin yang paling efektif.  Ini mengandung krim pemutih (hydroquinone), retinoid (tretinoin) dan steroid (fluocinolone acetonide).

Krim ini hanya tersedia dengan resep dokter.  Tretinoin, yang berasal dari vitamin A, diketahui menyebabkan cacat lahir, jadi dokter Anda akan memeriksa apakah Anda menggunakan pil kombinasi sebagai kontrasepsi sebelum meresepkan perawatan yang mengandungnya.

Namun, Hydroquinone dilarang dijual terutama di Inggris, dan hanya dapat diresepkan oleh dokter.  Tidak ada cukup bukti untuk mengatakan apakah hidrokuinon aman jika ibu menyusui, jadi sebaiknya dihindari jika ini.

Krim dapat memberi efek samping, seperti kulit kering, merah dan sakit.  Berisko membeli produk pencerah kulit secara online, jadi gunakan hanya produk yang diresepkan oleh dokter.  Hindari mengoleskan apa pun ke kulit yang mungkin bersentuhan dengan bayi karena bayi akan menyerap krim dengan cara ini juga.

3. Perawatan laser

Perawatan laser juga kadang-kadang digunakan untuk meringankan bercak-bercak gelap pada kulit, meskipun bisa mahal. 

4. Cek kontrasepsi 

Dalam beberapa khasus menggunakan pil atau kontrasepsi lain yang mengandung hormon dapat membuat kulit gelap. Baiknya bicarakan dengan dokter tentang mencoba bentuk kontrasepsi lain.

5. Kunyit dan Lemon

Selain itu, bisa juga menggunakan bahan alami seperti perpaduan kunyit dan lemon.

Menerapkan campuran 1 sdm jus lemon dan sejumput bubuk kunyit pada daerah yang menghitam dan mencuci setelah lima menit dengan air dingin membantu mengurangi pigmentasi secara signifikan.

6. Gel lidah buaya

Oleskan gel lidah buaya selama 15 hingga 20 menit dan cuci dengan air hangat untuk melihat efek ajaibnya pada bintik hitam. Hasil bisa langsung terlihat jika diterapkan setiap hari.

7. Pepaya, Aloe, dan Madu

Pepaya membantu dalam meringankan bintik-bintik gelap dan sangat efektif dalam mengobati pigmentasi kulit.

Menggunakan paket wajah yang terdiri dari pepaya membantu mengurangi pigmentasi. Ambil 1 sdm madu, 2 sdm pepaya, dan 1 sdm ampas lidah buaya, lalu aduk hingga menjadi satu bungkus. Oleskan pada area yang terkena dan bilas setelah 30 menit. Masker ini tidak hanya akan mengobati pigmentasi tetapi juga membantu dalam menghancurkan sel-sel mati.

8. Kentang

Kentang adalah bahan yang bagus untuk mengurangi pigmentasi. Ini dapat digunakan setiap hari dengan menggosok lembut bagian yang terpotong pada kulit. Kentang parut yang dicampur dengan air jeruk nipis juga bisa dioleskan untuk mendapatkan perbedaan warna kulit yang luar biasa.

#elevate women

What's On Fimela
Loading