Sukses

Parenting

Nagita Slavina Bisa Duduk 2 Jam Pasca Operasi Caesar dengan Metode ERACS

Fimela.com, Jakarta Nagita Slavina melahirkan anak keduanya secara sectio caesar di RS Bunda, Jumat (26/11/2021). Ini menjadi operasi SC kedua Nagita, namun perbedaannya dijalani dengan metode ERACS atau Enchanced Recovery After Caesarean Surgery. 

RS Bunda memberi keterangan jika ERACS merupakan metode pemulihan singkat setelah operasi SC. Jika biasanya dibutuhkan waktu 1x24 jam untuk bisa berdiri dan duduk pasca operasi SC, metode ERACS memungkinkan pasien melakukan hal tersebut selama 1-2 jam setelah operasi.

Hal itu dibuktikan Gigi lewat unggahan Instagram Stories-nya. Ia sudah bisa duduk dan membuka kiriman cake yang diterima dari kasurnya.

Selain bisa duduk dan berdiri, RS Bunda juga menjelaskan jika pasien sudah bisa makan dan minum dalam 2 jam setelah operasi. Lalu sudah bisa lepas kateter dan bisa ke kamar mandi sendiri dalam 6-8 jam setelah operasi.

Gigi sendiri menjelaskan alasan memilih caesar saat melahirkan anak keduanya. Pertimbangan pertama adalah kondisi pandemi Covid-19.

"Bukan enggak mau lahiran normal. Kalau lahiran normal kita enggak tahu berapa jam harus stand by di rumah sakit," ujar Nagita Slavina di unggahan Instagram pribadinya.

"Itu salah satu keunggulan ERACS yang sangat dicari di masa pandemi karena bisa mempersingkat lama perawatan RS," ujar dr. Harmeni Wijaya, MD, Corporate Communications BHMS saat dihubungi Fimela.com, Jumat (26/11).

Metode ERACS di RS Bunda

Melansir dari bunda.co,id, RSIA Bunda Jakarta dan RSIA Citra Ananda sudah melaksanakan protokol anestesi ERAS. Karena dengan teknik ini proses pemulihan pun akan berlangsung cepat, rasa nyeri, disfungsi usus postoperative (pada operasi colorectal), dan imobilisasi pun bisa diminimalkan.

Langkah-langkah pemulihan cepat pada operasi SC dengan ERAS ini adalah sebagai berikut:

Pre Operasi:

- Puasa makan padat 6 jam sebelum operasi.

- Masih diperbolehkan minum teh manis sampai 2 jam sebelum operasi

- Pemasangan Infus untuk pemberian cairan dan obat-obatan

Intra Operasi:

- Pembiusan dilakukan di kamar operasi dengan teknik spinal

- Segera setelah bayi lahir, bayi akan di periksa oleh Dokter Anak untuk memastikan apakah bayi sehat dan selanjutnya didekapkan ke dada ibu (IMD).

Pasca Operasi:

- Duduk dan berdiri dalam 1-2 jam setelah operasi

- Makan dan minum dalam 2 Jam setelah operasi

- Lepas kateter dan BAK sendiri ke kamar mandi dalam 6-8 jam setelah operasi

- Memberikan ASI kepada bayiPemeriksaaan darah post operasi

#ElevateWomen 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Nagita Slavina Gunakan Metode ERACS Saat Persalinan Anak Kedua
Artikel Selanjutnya
Bersamaan dengan Kelahiran Anak Keduanya, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Umumkan Bisnis Terbaru