Sukses

Parenting

6 Tips Dampingi Anak Belajar yang Menyenangkan Supaya Pintar

Fimela.com, Jakarta Kegiatan belajar di era pandemi seperti ini membuat para orangtua harus siap siaga mendampingi anak untuk belajar di rumah. Tentu saja, hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Ada berbagai tantangan yang kerap dihadapi saat mendampingi anak belajar, apalagi jika para orangtua masih belum terbiasa untuk menjadi guru bagi anak-anaknya di rumah.

Meski anak terkadang bersikap rewel dan susah untuk belajar karena harus beradaptasi dengan kondisi pandemi di mana anak belajar secara online, tentu orangtua tetap menginginkan yang terbaik dengan melakukan berbagai cara agar anak bisa menjadi pintar demi masa depan yang cerah.

Dengan demikian, saat ini orangtua membutuhkan pendekatan terhadap studi yang lebih menarik dan membuat kebiasaan belajar anak lebih produktif sambil mengeksplorasi strategi yang cocok untuk mereka. Berikut beberapa tips untuk membantu orangtua mendampingi anak belajar secara menyenangkan yang Fimela rangkum dari India Today.

1. Manfaatkan Teknologi Baru

Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah memunculkan cara belajar baru yang lebih menyenangkan, seperti melalui video, games dan sebagainya. Dengan menggunakan internet, belajar pun akan lebih mudah untuk dilakukan kapan pun.

Temani anak belajar melalui aplikasi pendidikan atau platform belajar yang terdapat sebuah game di dalamnya. Kini, platform pembelajaran menjadi mudah dan menarik bagi anak-anak.

Selain itu, pembelajaran berbasis permainan ini meningkatkan minat pada mata pelajaran seperti matematika yang sering dianggap membosankan oleh anak. Dapat dipastikan anak menjadi lebih semangat belajar jika orangtua bisa menemukan platform pembelajaran yang menyenangkan dan menghiburnya.

2. Meminimalkan Gangguan

Fokus adalah kunci utama guna memberikan hasil yang luar biasa pada segala bidang, di mana fokus ini datang dengan meminimalkan atau menghilangkan berbagai gangguan. Tak dapat dipungkiri, saat ini gangguan terbesar bagi anak-anak adalah smartphone.

Sebisa mungkin, jauhkan ponsel dari anak ketika sedang belajar agar mereka tidak membuka media sosial ataupun games yang membuat anak jadi sulit belajar.

Selain itu, televisi pun juga dapat menjadi gangguan bagi si kecil. Maka, biarkan anak untuk belajar di sebuah ruangan yang damai dan tidak membosankan, tentu dengan ditemani orangtua guna membantu mereka fokus belajar.

3. Istirahat Sejenak

Nyatanya, belajar selama berjam-jam dapat membuat anak cepat bosan. Pastikan si kecil beristirahat di sela-sela waktu belajarnya guna menyegarkan kembali otaknya. Saat istirahat, ajak anak untuk jalan-jalan, membeli camilan, mengobrol dengan teman atau sekedar melakukan hobi yang ia tekuni.

4. Bereksperimen dan Berinovasi

Hal lain yang membuat bosan belajar pada anak adalah membaca buku catatan secara terus-menerus. Dengan ini, tak menutup kemungkinan anak akan jenuh hingga kesulitan belajar.

Jika anak mengalami kondisi tersebut, cobalah metode inovatif lainnya seperti merancang kartu kosa kata, memberikan video online yang menjelaskan pelajaran dengan cara baru ataupun mendengarkan podcast yang menarik tentang topik yang mereka pelajari. Ini akan membantu anak mempertahankan minatnya dalam belajar.

5. Memuji Anak

Tentu saja, semua orang senang jika dihargai. Hal tersebut pun penting bagi orangtua untuk memuji anak-anak agar mereka tetap termotivasi. Mendampingi secara positif dan merayakan kesenangan mereka baik besar maupun kecil menjadi dorongan yang anak butuhkan agar bisa terus maju.

6. Membuat Jadwal

Perencanaan ke depan adalah strategi yang terbukti sukses agar anak bisa pintar dalam semua pelajaran. Bantu anak merencanakan terlebih dahulu untuk ujian atau tugas yang diprioritaskan. Bantu anak untuk mulai belajar dengan baik.

Itulah beberapa strategi tips pendampingan anak secara menyenangkan sebagai cara agar anak bisa pintar di semua pelajaran. Selamat mencoba!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading