Sukses

Parenting

Jangan Panik, Inilah Tips Pertolongan Pertama Sakit Gigi untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sakit gigi pada anak bisa saja terjadi. Penyebabnya pun bermacam-macam. Mulai dari karena gigi berlubang, bakteri dari sisa makanan, hingga gusi membengkak.

Tentu banyak orangtua yang khawatir dan cemas ketika anak mengalami sakit gigi. Bahkan tidak jarang hingga menimbulkan kepanikan, terutama ketika anak sampai menangis karena sakit pada giginya.

Tidak perlu cemas. Ada kok pertolongan pertama yang bisa dilakukan orangtua ketika anak mengalami sakit gigi.

Berikut ini adalah pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi pada anak yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berkumur dengan air garam hangat

Larutan air garam bisa meredakan sakit pada gigi. Caranya hanya dengan campurkan kira-kira satu sendok teh garam dengan air hangat biasa (jangan panas), lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, minta anak untuk berkumur dengan air itu. Jika bisa, sering arahkan air garam di bagian yang terasa nyeri. Terus ulangi kumur-kumur ini sampai rasa sakit tidak terasa lagi.

cara ini efektif untuk meredakan sakit gigi karena garam bisa membunuh bakteri, sedangkan air hangat bisa meredakan ketidaknyamanan serta mengurangi apabila terjadi pembengkakan pada gusi.

 

2. Tempelkan kompres dingin

Tempelkan kompres es atau kompres dingin di pipi luar anak, di dekat area yang terasa sakit. Tahan kompres pada area yang sakit selama 20 menit, ulangi setiap beberapa jam.

Cara ini membantu meredakan rasa sakit dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan, juga peradangan.

3. Gunakan teh celup peppermint

Kantong teh celup peppermint dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit dan mengatasi gusi sensitif. Cara yang perlu dilakukan adalah masukkan kantong teh peppermint yang baru digunakan ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah itu letakkan di antara pipi dan gusi anak.

Jika tidak memiliki teh celup, campurkan beberapa tetes minyak esensial peppermint dengan minyak cengkih, oleskan ke bola kapas, lalu letakkan di area yang terasa sakit.

4. Gunakan minyak cengkih

Cengkih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi sakit gigi.

Untuk menggunakan minyak cengkih sebagai penghilang rasa sakit gigi, rendam bola kapas kecil dengan minyak cengkih dan oleskan di tempat yang terasa sakit.

Selain itu, anak juga bisa mengunyah cengkih utuh untuk melepaskan minyaknya dan menahannya selama 30 menit.

5. Gunakan obat kumur thyme

Thyme memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang membantu meredakan sakit gigi pada anak.

Oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan air ke bola kapas. Lalu, oleskan ke daerah yang terasa nyeri.

Bisa juga dengan rebus satu cangkir air dan memasukkan daun thyme ke dalamnya untuk membuat campuran. Dinginkan sejenak, baru kemudian biarkan anak menggunakannya sebagai obat kumur.

6. Gunakan obat penghilang rasa sakit

Ketika anak mengalami sakit gigi yang parah, bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran.

Jika rasa sakit tidak juga hilang, bahkan meski sudah menggunakan cara-cara di atas, segera datangi dokter gigi anak untuk mendapatkan pertolongan yang lebih tepat.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading