Sukses

Parenting

4 Cara Membentuk Kepribadian Positif pada Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti didikan orangtua dan pengaruh lingkungan sekitar. Lingkungan terdekat dan pertama bagi seorang anak adalah rumah mereka. Peran orangtua dan saudara penting untuk membentuk kepribadian anak.

Oleh karena itu, perhatian khusus harus diberikan agar anak dapat tumbuh dengan sikap positif dan dalam lingkungan yang mendorong mereka untuk tumbuh menjadi individu dengan kepribadian yang baik. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Mom membentuk kepribadian si kecil agar lebih positif.

Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika anak-anak berbicara tentang hal-hal yang paling tidak penting, mereka ingin didengar karena bagi mereka itu penting. Jika Mom membuat mereka merasa didengar dan dipahami masa pertumbuhannya, mereka akan merasa percaya diri dan aman dengan diri mereka sendiri. Mereka akan tumbuh menjadi individu yang percaya diri yang akan mendengarkan orang lain dengan baik.

Hindari Membanding-bandingkan Anak

Setiap anak memiliki keunikan masing-masing, mereka akan sangat menguasai beberapa hal, tetapi tidak dalam segala hal. Karena itu jangan membandingkan anak dengan anak-anak lainnya. Jika anak mungkin tidak dapat melakukan aktivitas dengan tidak cukup baik, dan Mom membandingkannya dengan anak lain, maka itu akan benar-benar bisa merusak kepercayaan diri dan kemampuannya. Mom harus tahu bahwa setiap anak pandai dalam sesuatu tetapi tidak semuanya. Karena itu, alih-alih membandingkan, Mom harus menghargai dan mendorongnya.

Batasi Waktu Bermain Gedget dan Layar Elektronik

Terlalu banyak waktu di depan layar elektronik dapat menghambat perkembangan sosial dan intelektual anak karena dapat menyebabkan kecanduan, dan hanya menyisakan sedikit atau tidak sama sekali waktu untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan keluarga. Orangtua harus memastikan bahwa anak mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam percakapan dan bukan dengan gadget dan layer elektronik.

Berikan Waktu Bermain di Luar

Dengan perkembangan tekonologi yang semakin pesat, akan memudahkan anak untuk mengakses gadget dan bahkan beberapa mengalami ketergantungan yang berlebihan pada media virtual. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan penekanan pada permainan bebas dan mengizinkannya bermain bersama anak-anak seumurannya.

Nilai-nilai semangat tim, berbagi, peduli dan menjaga diri bisa ditanamkan melalui permain di luar dan interkasi dengan anak-anak sebaya lainnya. Waktu bermain juga diperlukan untuk perkembangan fisik dan mental anak dan perkembangan kepribadiannya secara keseluruhan.

Nah, itu tadi Mom beberapa cara yang dapat membantu membentuk kepribadian anak yang lebih baik. Nah, jika Mom mengizinkan anak untuk bermain di luar bersama teman-temannya, tentu perhatikan protokol yang ada, pastikan anak menggunakan masker.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading