Sukses

Parenting

Ahli Sebut Bayi Baru Lahir Rentan Rewel Karena Kekurangan Waktu Tidur

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua yang baru memiliki anak terkadang bingung untuk membaca bahasa tubuh yang diberikan sang anak. Pasalnya, bayi baru lahir hanya menangis atau menjadi rewel ketika ia membutuhkan sesuatu.

Namun, bayi baru lahir yang rewel lebih sering dibaca sebagai tanda lapar atau harus ganti popok. Padahal, bisa jadi karena bayi kekurangan waktu tidur.

Setiap anak memiliki rentang waktu tidur yang berbeda ketika masih bayi. Hal ini kerap menjadi pertanyaan orang, berapa lama rentang waktu tidur paling ideal bagi anak?

Seperti dikutip dari Purewow, seorang pelatih tidur pediatrik, Anna McMillan menjelaskan berapa lama waktu tidur siang terbaik bagi bayi baru lahir.

 

Alasan bayi baru lahir butuh tidur lama

"Bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk makan dan tidur," kata McMillan.

Ia mencatat bahwa bayi baru lahir menghabiskan sangat sedikit waktu untuk waspada dan bermain. Pada bayi usia 0 hingga dua bulan, ia akan memiliki rentang waktu tidur paling panjang.

Hal ini dikarenakan bayi memiliki adenosin, yakni bahan kimia yang secara alami menumpuk di otak selama periode aktif. Menciptakan apa yang disebut sebagai tekanan tidur.

Bayi baru lahir menjadi sangat lelah karena ia memiliki kadar adenosin yang tinggi. Sehingga kortisol dilepaskan menyebabkan respon yang menggangu fungsi optimal, itu sebabnya anak lebih mudah rewel dan menangis.

Durasi tidur

Menurut para ahli, penumpukan ini terjadi jauh lebih cepat pada bayi baru lahir daripada orang dewasa. Itu sebabnya, tekanan tersebut perlu dilepaskan dengan tidur siang.

Sebenarnya tidak ada waktu spesifik kapan anak harus mendapatkan waktu tidur mereka. Namun lebih baik untuk merencanakan waktu tidur setiap 45 menit sekali selama empat sampai enam kali di luar waktu tidur malam mereka.

“Bayi baru lahir tumbuh dan berubah begitu banyak, panjang tidur siang mereka akan bervariasi dari 20 menit hingga tiga jam,” kata McMillan.

Namun ia juga memperingatkan jika bayi hanya secara ekslusif tidur siang selama 20 menit, bisa jadi itu tanda bahwa bayi tersebut kelelahan karena waktu bangun yang terlalu lama.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading