Sukses

Parenting

3 Alasan Pentingnya Bayi dan Anak Pakai Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Seberapa penting pemakaian sunscreen pada bayi dan anak? Hal itu menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan para ibu, terutama bagi kita yang sepanjang tahun terpapar sinar matahari di negara tropis.

Tak kalah pentingnya dengan pemakaian sunscreen pada orang dewasa, ternyata bayi dan anak juga perlu mendapatkan proteksi dari sinar matahari. Sebab pertumbuhan kulit anak-anak baru sempurna 100 persen saat berusia dua tahun.

Kita juga harus memberi perhatian lebih pada bayi di bawah usia 6 bulan karena memiliki lapisan kulit atas atau stratum korneum yang masih tipis. Hal itu membuatnya perlu mendapat perlindungan dari sinar matahari.

"Sunscreen penting untuk memfiltrasi sinar matahari jahat agar tidak masuk ke kulit, jadi mencegah sunburn hingga 92 persen, skin cancer hingga 89 persen, dan premature aging hingga 50 persen,"  ujar dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Grace Nami Sianturi Wardhana dalam acara launching virtual produk Momami Sun Range, Kamis (20/1/2022).

Bayi dan Anak Perlu Pakai Sun Protection

Selain memiliki kulit yang tipis dan belum sempurna, anak dan bayi juga perlu memakai sun protection karena produksi pigmen melanin masih sedikit dibanding orang dewasa. dr Grace menjelaskan jika pigmen melanin berfungsi membuat kulit tampak kecokelatan yang berfungsi menyerap matahari agar tidak merusak sel-sel yang ada di bawahnya.

"Beruntung orang Indonesia rata-rata berkulit sawo matang sehingga punya pigmen melanin lebih banyak. Tapi, pada bayi dan anak-anak jumlahnya masih sedikit," tambah dr Grace.

Selain itu, penggunaan produk sun protection pada bayi dan anak tak lepas dari ukuran tubuh mereka yang sangat kecil. Yang jika terpapar sinar matahari jahat memiliki risiko terkena sunburn dengan ukuran yang lebih luas.

"Luas permukaan tubuh bayi dan anak yang terpapar matahari tentunya akan lebih banyak dibandingkan luas tubuh orang dewasa. Belum lagi kulit mereka yang masih tipis, jadi risiku sunburn lebih besar," imbuh dr Grace.

Rangkaian produk Momami Sun Range

Sebab itu, Momami sebagai Mom's Little Helper mengeluarkan rangkaian produk sun protection yang melindungi bayi sejak usia minimum enam bulan dari sinar matahari. Yang terdiri dari Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion, Itsy Bitsy Sun Stick, dan Sunny Buddy Soothing Gel.

Rub a Dub Dub Sunscreen Lotion

Tabir surya berbentuk losion ini sangatlah aman digunakan untuk si kecil sebagai proteksi utama dari efek jahat sinar UVA dan UVB. Diformulasikan spesial dengan kandungan kaya Vitamin E, Aloe Vera, dan minyak Bunga Matahari yang mudah menyerap pada kulit dan juga melembapkan ketika digunakan. Losion ini juga mengandung SPF 50 PFA +++ dan tidak memberikan efek whitecast ketika digunakan. Cocok juga digunakan untuk kegiatan di pantai atau berenang karena tahan air dan dapat diaplikasikan pada kulit badan dan muka si kecil.

Itsy Bitsy Sun Stick

Merupakan bentuk praktis dari tabir surya yang mudah dibawa dan diaplikasikan untuk si kecil. Hadir dalam bentuk stick dengan SPF 50 PFA +++ yang melindungi kulit si kecil dari efek jahat sinar UVA dan UVB. Memiliki kandungan alami dari minyak Bunga Matahari dan Squalane membuat krim ini mampu melembapkan dan menyerap dengan cepat kedalam kulit. Bentuknya yang berupa stick mudah diaplikasikan dan praktis untuk dibawa bepergian.

Sunny Buddy Soothing Gel

Sebuah produk yang memberikan efek menenangkan bagi kulit sang buah hati setelah terpapar sinar matahari seharian. Memiliki fungsi untuk memperbaiki sel kulit paska terkena sinar matahari, mendinginkan dan menenangkan, sekaligus sebagai antioksidan. Dengan kandungan alami dari Aloe Vera, Allatonin dan Betaine, jel ini dengan mudah diserap kulit dan memili kandungan pH yang natural sehingga aman untuk kulit sensitif. Jel dengan dasar air ini juga mampu meredakan efek kemerahan dari eksposure sinar matahari pada si kecil.

“Sebagai ibu dari dua orang anak yang sangat aktif, aku ingin memberikan perlindungan maksimal untuk Raphael dan Mikhael. Sunscreen merupakan skincare wajib bagi kedua anakku karena kulit mereka sensitif dan cenderung cepat merah. Setelah berkonsultasi dengan dokter, salah satu indikator aku memilih produk momami adalah selain aman untuk kulit sensitif dan natural, aku juga merasa aman karena tingkat SPF yang lebih besar memberikan proteksi lebih luas dan lama bagi anakku. Selain itu, produk Momami ini praktis dibawa kemana-mana dan nyaman dikenakan oleh anak dan bayi," cerita Face of Momami, Sandra Dewi.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rangkaian Produk Pasta Gigi Khusus Anak yang Aman untuk Si Kecil