Sukses

Parenting

5 Sayuran Terbaik untuk MPASI yang Kaya Nutrisi

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati merupakan kebahagiaan terbesar bagi setiap orangtua. Ada beragam momen istimewa yang akan dilewati orangtua bersama sang buah hati setiap harinya. Salah satu momen istimewa tersebut adalah ketika buah hati memulai MPASI. Saat buah hati sudah berusia 6 bulan, maka ia sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI

Ketika memberikan MPASI, Mom harus mempertimbangkan kandungan nutrisi di setiap makanan. Usahakan makanan mencukupi kebutuhan lemak, protein, serat, vitamin dan nutrisi sehat lainnya. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi sediri yakni sayuran. Berikut sedikitnya 5 sayuran terbaik untuk pendamping MPASI.

Brokoli dan Bayam

Brokoli

Sayuran hijau ini megandung banyak nutrisi sehat untuk tumbuh kembang buah hati. Brokoli juga termasuk sayuran yang mudah lunak ketika dimasak sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan buah hati. Sayuran ini mengandung vitamin C, B, K, serat, magnesium dan kalium. Ini juga jaya akan antioksidan yang baik buat buah hati. Saat memberikan brokoli ke buah hati, pastikan agar sayur ini dimasak hingga benar-benar matang. 

Bayam

Sayur terbaik kedua untuk buah hati adalah bayam. Sama sepperti sayuran hijau lainnya, bayam juga mengandung beragam vitamin untuk tumbuh kembang buah hati. Bayam juga kaya akan antioksidan yang diperlukan tubuh bayi. Masak bayam bersama sayuran lain seperti wortel dan jagung muda. 

Labu, Wortel, Buncis

Labu

Labu juga menjadi sayuran terbaik untuk buah hati sebagai pendamping ASI. Labu mengandung vitamin A, B, dan C serta kalium. Kukus labu kemudian tumbuk atau lumatkan agar lebih mudah dikonsumsi buah hati Mom. Labu juga bisa dimasak bersama bahan makanan lain kemudian dihaluskan dengan cara disaring sebelum diberikan ke buah hati. 

Wortel

Wortel mengandung vitamin A, beta karoten, kalium, serat dan vitamin K1. Sayuran berwarna oranye ini juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan buah hati. Wortel memiliki cita rasa manis alami yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai perasa alami makanan pendamping ASI buah hati. 

Buncis

Sayuran buncis juga merupakan sayuran terbaik selanjutnya untuk makanan pendamping ASI. Buncis mengandung serat, vitamin C, K dan A serta zat besi. Buncis bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan kognitif buah hati dan menyehatkan sistem pencernaan. 

Itulah sedikitnya lima sayuran terbaik untuk makanan pendamping MPASI buah hati. Saat memberikan sayuran ataupun makanan lainnya ke buah hati sebagai MPASI, pastikan untuk menyesuaikan tekstur dan porsi makanan dengan usia bayi. Konsultasikan juga dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan menu MPASI terbaik buat buah hati Mom.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading